Skripsi
Efektivitas Penggunaan Metode Edutainment pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Indonesia :
SRI MULYANI. 2010. Efektivitas Penggunaan Metode Edutainment Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Suatu Penelitian di Sekolah Dasar Negeri Sigentong Tahun Pelajaran 20009/2010). Skripsi. Program Strata Satu (SI) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Edutainment, Prestasi Belajar Bahasa Inggris, Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ada tidaknya perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris yang signifikan antara siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diberi pembelajaran menggunakan Metode Edutainment dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan Metode Edutainment (metode terjemahan).
Berdasarkan landasan teori, maka hipotesis penelitian ini adalah "terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris yang signifikan antara siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diberi pembelajaran menggunakan Metode Edutainment dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan Metode Edutainment (metode terjemahan)."
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sigentong Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 42 siswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik random sampling, 21 siswa diambil sebagai kelas eksperimen yaitu siswa yang diberi pembeajaran menggunakan Metode Edutainment dan 21 siswa sebagai kelas kontrol yaitu siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan Metode Edutainment (metode terjemahan).
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes tertulis sebanyak 30 butir soal dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c atau d).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) 40 terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris yang signifikan antara siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diberi pembelajaran menggunakan Metode Edutainment dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan Metode Edutainment (metode terjemahan). Hasil t hitung diperoleh 2.735 sedangkan t tabel 2,704 yang berarti t hitung lebih besar dari t tabel, jadi hasil penelitian menyatakan bahwa H1 diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris yang signifikan antara siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diberi pembelajaran menggunakan Metode Edutainment dengan siswa kelas IV Sekolah Dasar yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan Metode Edutainment (metode terjemahan).
English :
SRI MULYANI. 2010. The Effectiveness of Using Edutainment Method in the Process of Teaching English to the Forth Grade Students in Elementary School (A research in Elementary School of Sigentong in the Academic Year 2009-2010). Thesis. Strata One. Faculty of Teacher Training and Education English Department of Pancasakti University Tegal.
Keywords : Edutainment Method, English Learning Achievement, The Forth Grade Students
The purpose of this research is to find whether out there is significant difference of English achievement between the students who are taught by using Edutainment Method and the students who are not taught by using Edutainment Method (translation method).
Based on the theories, the hypothesis of the research in there is significant difference of English achievement between the forth grade students who are taught by using Edutainment Method and the students who are not taught by using Edutainment Method (translation method).
The population of this research is the students of Elementary School of Sigentong in the academic year 2009/2010. The total number of the population is 42 students.
The research samples are 42 students, which are taken by using random sampling technique. 21 students who are taken as an experimental group is students who are taught by using Edutainment Method and 21 students who are taken as a controlled group are students who are not taught by using Edutainment Method (translation method).
The data of the research are obtained by giving students a written test in multiple choice type by using four option (a, b, c or d), the number of items of the test is 30 items.
The result of this research shows that on the degree of significance 5% and (df) 40 there is significant difference between the achievement of the student who are taught by using Edutainment Method by using the achievement of the students who are not taught by using Edutainment Method (translation method). The result of t test is 2,735 and t table is 2,704. The writer concludes that hypothesis of the research is accepted.
The conclusion is there is significant difference of English achievement between the students who are taught by using Edutainment Method and the forth grade students who are not taught by using Edutainment Method (translation method).
PBI0810120 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain