Skripsi
Pengaruh Kemampuan Penalaran, Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Petarukan)
Indonesia :
WASISTO. 2010. "Pengaruh Kemampuan Penalaran, Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Petarukan)". Skripsi Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Ponohardjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Penalaran, Verbal, Numerik, Regresi
Kesulitan utama yang dirasakan oleh siswa ketika mengerjakan soal cerita matematika adalah memahami maksud yang terkandung dalam soal, pada akhirnya siswa dituntut untuk lebih kreatif menggunakan kemampuan penalaran, kemampuan verbal dan kemampuan numerik untuk menganalisa isi soal dan mengetahui yang diminta dari soal tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi pengaruh kemampuan penalaran, kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan aritmetika sosial.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Petarukan tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi 240 siswa. Dari 240 siswa tersebut diambil sampel secara non random sampling sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes yaitu dengan memberikan tes instrumen penelitian kepada siswa. Instrumen penelitian dibagi menjadi empat macam tes yaitu tes kemampuan penalaran, tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik dan tes kemampuan soal cerita matematika. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana dan metode analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan penalaran, kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan aritmetika sosial.
Inggris :
WASISTO. 2010. "Pengaruh Kemampuan Penalaran, Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Petarukan)". Thesis of Mathematic Department. Hj. Isnani, M.Si. Drs. Ponohardjo, M.Pd. Teacher Training and Education Faculty.
Keyword : Reasoning, Verbal, Numerical, Regression
The spesific of student difficulties when they do the mathematic story exercise is in understanding the meaning of the text, finally the students have to be more creative in using reasoning ability, verbal ability and numerical ability to analysis the content of the text and to know what kinds of request of the text.
The purposes of this research is to get information the influence of reasoning ability, verbal ability, and numerical ability toward the abilty in solving the mathematic story exercise in aritmathics social subject.
Population of this research are all of the students in 7th grade at SMP Negeri 3 Petarukan in academic year 2009/2010 with the population are 240 students. From 240 students the researcher take the sample by non random sampling technique with 80 students. Technique of collecting the data is using the test that is give the instrument of the test to students. The research instrument is devided into four kinds of the test, there are; test of reasoning ability, test of verbal ability, test of numerical ability, and the test of mathematic story exercise. Method of the data analysis that use in this research are the simple method of data analysis regression and multiple method of data analysis.
The result of the research shows the positive influence and significant between reasoning ability, verbal ability, and numerical ability to solve the mathermatic story exercise in the subject of social aritmathics.
PMTK081071 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain