Skripsi
Keefektifan teknik probing dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 1 Bulakamba Tahun Ajaran 2009/2010 pada Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar ).
Indonesia :
MUFLIANA, WILLY. 2010. Keefektifan Teknik Probing Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2009/2010 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar).Skripsi. Pendidikan Matematika. Hj. Isnani, M.Si. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Teknik Probing, Matematika, Prestasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan hasil pembelajaran yang menggunakan teknik probing dengan hasil pembelajaran yang menggunakan metode konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa materi pokok bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 314 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 80 siswa yaitu diperoleh dari kelas VIII D dan VIII F. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis ragam multivariat satu arah (One-Way Manova), Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang besar pada hasil pembelajaran yang menggunakan teknik probing dengan hasil pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dan pembelajaran dengan teknik probing lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa materi pokok bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
English :
MUFLIANA, WILLY. 2010 The effectiveness of probing technique In teaching Mathematics to the Students' motivation and achievement (A research study of SMP N 01 Bulakamba on the second semester of VIII grades in the Academic year of 2009/2010 the main material in polyhedron). A final Project. Mathematic Education. Hj. Isnani,M.Si. Dr. Purwo Susongko ,M.Pd. Faculty of teacher Training and Education Pancasakti University Tegal.
The key word : Effectiveness, Probing Technique, Mathematics, and Achievement.
The objective of this study is to find out what is the differences of learning result which use probing technique than use conventional method to the students' learning motivation and achievement, the main material is about polyhedron which is deliver to the eighth grades in the second semester of SMP N 01 Bulakamba Brebes in the academic year of 2009/2010.
To achieve the objectives of the study, the writer conducted an action research. This classroom action research was held at SMP N 01 Bulakamba Brebes. The subject of study was the grade VIII in the second semester. There were 314 students which were divided into 8 classes. In analyzing the data, the writer used cluster random sampling to take the sample. The samples were 80 students who came from VIII D and VIII F. the method was documentation, a questionnaire, and a test. The writer also used One-Way Manova. It was used to measure the data analysis, but first, the data was measured by Liliefors and Barlett measurement to find out the normalization and homogenous of the data.
Based on this data, the writer concluded that there are significant differences in the result of learning process which use probing technique than use conventional method. Probing technique is more effective and beneficial than conventional method to the students' learning motivation and achievement which has main material polyhedron for eighth grades in the second semester of SMP N 01 Bulakamba Brebes in the academic year of 2009/2010.
PMTK081072 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain