Skripsi
Upaya Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Brebes Tahun Ajaran 2010/2011
Indonesia :
SITI NUR MA'RIFAH. 2010. NPM : 1105500692, Judul : Upaya Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah : "Bagaimana Upaya meningkatkan, Komunikasi Antar Pribadi Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan di SMP Negeri 2 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011". Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana efektifitas bentuk pelaksanaan layanan bimbingan, kelompok dengan teknik permainan dalam upaya meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011, 2) Bagaimana upaya meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brebes pada Tahun Pelajaran 2010/2011, dan, 3) Bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik permainan bisa meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brebes pada tahun pelajaran 2010/201.
Desain penelitian menggunakan one group pre test, post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brebes pada tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 260 siswa, sedangkan sample yang merupakan bagian dan mewakili populasi sebanyak 20 siswa. Variabel penelitian ada 2 (dua) yaitu variabel bebas (X) yaitu komunikasi antar pribadi siswa, variable terikat (y) yaitu bimbingan kelompok dengan teknik permainan. Metode pengumpulan data dengan metode eksperimen, angket, wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan pre test dan post test one group design dengan uji t. Berdasar pada hasil statistik nilai t yang diperoleh bila dikonsultasikan dengan nilai t obs, yang diperoleh lebih besar dari bilangan tabel maka terjadi peningkatan komunikasi antar pribadi siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, ini berarti hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan hipotesis nilai (Ho) ditolak.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa : Bimbingan kelompok sangat berperan dalam upaya meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Brebes Tahun 2010/2011 terbukti rhitung lebih besar dari rtabel. Sehingga dapat diketahui peran bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam upaya meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa.
Dari hasil penelitian tersebut maka tujuan penelitian telah tercapai, adapun saran yang diajukan : bagi guru pembimbing hendaknya bisa memahami tentang macam masalah secara dini agar dapat memberikan bentuk bimbingan secara tepat dan benar, bagi orang tua harus selalu memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya, bagi sekolah hendaknya dapat memberikan waktu, sarana dan prasarana yang memadai untuk pelaksanaan bimbingan kelompok dan bagi siswa hendaknya dapat mengembangkan sikapsikap positif serta sikap-sikap sosial lainnya baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat.
English :
SITI NUR ma'rifah. 2010. NPM: 1105500692, Title: Efforts to Improve Inter-Personal Communication Students Through Tutoring Engineering Group with games at Class VII Students SMP Negeri 2 Bradford Academic Year 2010/2011
Keywords: Improving Communication Between Students Through Personal Counseling Groups with Game Techniques
The problem in this research is: "How Efforts to enhance, Personal Communication Between Students Through Tutoring Engineering Group with SMP Negeri 2 Games in Bradford Academic Year 2010/2011". The purpose of this study are: 1) How the effectiveness of the implementation of guidance services, engineering group with a game in an effort to improve interpersonal communication class VII SMP Negeri 2 Bradford Academic Year 2010/2011, 2) How to increase interpersonal communication class VII Junior High School 2 Bradford on Academic Year 2010/2011, and, 3) What guidance group with game techniques can improve interpersonal communication class VII SMP Negeri 2 Bradford in the school year 2010/201.
The study design using a one group pre test, post test design. The population of this study are all students of class VII SMP Negeri 2 Bradford in the school year 2010/2011, amounting to 260 students, while the sample that is part and represent a population of 20 students. Research variables there are 2 (two) that is independent variable (X) is a private communication between students, bound variable (y) the group with technical guidance game. Data collection methods with experimental methods, questionnaire, interview and documentation, data analysis techniques using pre test and post test design with one group t test Based on the results of statistical t value obtained when consulted by the value of t obs, obtained greater than the number of tables so there was an increase interpersonal communication students after being given guidance service groups with technical game, this means working hypothesis (Ha) can be accepted and hypothesis value (Ho) is rejected.
From the results of this research is that: Guidance group was instrumental in promoting interpersonal communication class VII SMP Negeri 2 Brebes Year 2010/2011 rhitung proved greater than rtabel. So that it can be seen with group counseling role play techniques in an effort to improve students' interpersonal communication.
From the results of the research, research objectives have been achieved, as for the suggestions: the guidance counselor should be able to understand about the kinds of problems early in order to provide appropriate forms and correct guidance, for parents should always pay attention and watch their children, for schools should be able to provide time, facilities and infrastructure for implementation and group counseling for students should be able to develop positive sikapsikap and other social attitudes both in school, at home or in society.
1022011KI15 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain