Skripsi
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas VIII F MTs N Buaran Pekalongan Tahun Pel
Indonesia :
AMIR HAMZAH. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran STHL sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas VIII F MTs N Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Pendidikan Matematika. Munadi, M.Si. Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Student Team, bangun ruang, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas yang meliputi partisipasi dan keefektifan kelompok, serta hasil belajar peserta didik selama pembelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di MTs Negeri Buaran Pekalongan dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII F yang memperoleh nilai rata-rata terendah untuk mata pelajaran matematika pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik meningkat signifikan setelah pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership yang ditandai dengan peningkatan partisipasi peserta didik dan efektifitas peserta didik dalam kelompok. Sedangkan hasil belajar peserta didik menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 72,62.
Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif dengan penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII F MTs Negeri Buaran Pekalongan dalam pembelajaran matematika bangun ruang.
English :
Amir Hamzah. 2010. The Application of Learning Strategies Student Team Heroic Leadership as Effort to Improve Student Activities and Learning Outcomes (Classroom Action Research : Learning Mathematics Subject space geometry in the VIII F grade students of MTs Negeri Buaran Pekalongan Academic Year 2009/2010). Thesis. Mathematics Education. Munadi, M.Si. Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si. Faculty of Teacher Training and Education. University of Pancasakti Tegal.
Keywords: Student Team, space geometry, the study result
This study aims to analyze the increase in activity that involves the participation and effectiveness of the group, and the study result for learning mathematics in the principal material space geometry through the implementation of cooperative learning models with learning strategies Student Team Heroic Leadership.
The research conducted classroom action research was conducted in 3 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation of the action, observation, and reflection. This research is located in MTs Negeri Buaran Pekalongan with the subject of research is the VIII F grade students who obtained a value of the lowest average for mathematics subjects in the odd semester of academic year 2009/2010.
The based on the results showed that students' activity increased significantly after learning of mathematics using learning strategies Student Team Heroic Leadership which is marked by an increase in student participation and effectiveness of students in the group. While the study results showed students in classical learning completeness of 83.33% with an average rating of 72.62.
The results of this study indicate that through the implementation of cooperative learning model with the application of learning strategies Student Team Heroic Leadership to enhance the activity and learning outcomes the VIII F grade students of MTs Negeri Buaran Pekalongan in mathematics learning space geometry.
1022011KI4 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain