Skripsi
Pengaruh Kepemimpinan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri I Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
KARYOTO 2011 Judul Skripsi Pengaruh Kepemimpinan Guru BK Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S, M.M, Pembimbing II : Drs. Soebianto, M.Pd.
Kata Kunci : Kepemimpinan Guru BK dan Perilaku Disiplin Siswa.
Kepemimpinan Guru BK sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku disiplin siswa. Guru BK sebagai pendidik sekaligus pembimbing siswa disekolah sangat dominan dalam mengayomi siswa-siswanya, jadi kepemimpinan guru BK yang salah penerapan terhadap siswa dapat berdampak negatif pada perilaku disiplin siswa. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh kepemimpinan guru BK dalam membentuk perilaku disiplin siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Guru BK Dalam Membentuk Perilaku Disiplin Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Kramat, yang berjumlah 360 siswa, sampel 10% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 36 siswa, dan dibulatkan menjadi 40 siswa. Variabel penelitian adalah kepemimpinan guru BK (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan perilaku disiplin siswa (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan interview. Uji Validasi Item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 Split Half. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,39 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga r tabel sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh kepemimpinan guru BK dalam membentuk perilaku disiplin siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kramat tahun Pelajaran 2010/2011. Pada variabel kepemimpinan guru BK dalam kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa (5%), kategori sangat rendah sebanyak 5 siswa (13%), kategori kurang sebanyak 5 siswa (13%), kategori sedang sebanyak 7 siswa (18%), kategori cukup sebanyak 7 siswa (18%), kategori tinggi sebanyak 9 siswa (23%), dan Kategori sangat tinggi 5 siswa (13%). Sehingga pengaruh kepemimpinan guru BK terhadap siswa dalam kategori tinggi. Sedangkan pada variabel perilaku disiplin siswa dalam kategori sangat kurang sebanyak 1 siswa (3%), kategori sangat rendah sebanyak 1 (3%), kategori kurang sebanyak 7 siswa (18%), kategori sedang sebanyak 8 siswa (20%), kategori cukup sebanyak 10 siswa (25%), kategori tinggi sebanyak 12 siswa (30%), dan Kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (3%). Jadi perilaku disiplin siswa dalam kategori tinggi. Dan besar kontribusi (sumbangan) dari pengaruh kepemimpinan guru BK dalam membentuk perilaku disiplin siswa sebesar 15,21% sedangkan sisanya ditentukan
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan guru BK dalam membentuk perilaku disiplin siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kramat tahun Pelajaran 2010/2011. Saran bagi siswa adalah diharapkan dapat mematuhi peraturan yang berlaku sebagai penerapan disiplin, bagi orang tua diharapkan dapat memberikan pengawasan yang benar dan baik yang menyangkut disiplin, bagi guru pembimbing agar ditingkatkan dalam melaksanakan peranannya sebagai seorang pemimpin, pendidik, sekaligus pembimbing.
English :
KARYOTO 2011, Thesis Title Effect of Teacher Leadership BK In Student Discipline Behaviour Shaping Class XI SMA Negeri 1 Tegal regency Kramat Academic Year 2010/2011.First Advisor: Dr.Hj.Sitti Hartinah D.S, M.M, Advisor II: Drs.Soebianto, M.Pd.
Keywords: BK Teacher Leadership Student Discipline and Conduct.
Teacher Leadership BK highly influential in shaping the behavior of student discipline.BK teacher as educator and mentor students at the school are very dominant in nurturing her students, so that one BK teacher leadership on students applying to have a negative impact on the behavior of student discipline.The problem that arises is whether there is influence teacher leadership in shaping the behavior of BK student discipline.The purpose of this research is to know how big influence BK Teacher Leadership In Student Discipline Behaviour Shaping Class XI SMA Negeri 1 Tegal regency Kramat Academic Year 2010/2011.
The population is a class XI student SMAN Kramat, which totaled 360 students, 10% of the total sample population was obtained as many as 36 students, and rounded to 40 students.Variable research is teacher leadership BK (independent variable) as the cause variable, student discipline and behavior (dependent variable) as a result variable.Both these variables using a data collection tool in the form of questionnaires, documentation, and interviews.Validation Test Items in this research using the product moment correlation formula, while the reliability test using Half Split split second.Analysis using product moment correlation .
From the analysis of data obtained rxy of 0.39 when compared with the r table at 5% significance level with N = 40 obtained rates of 0.312 r table, it can be concluded rxy> rtabel means there is a BK teacher leadership influence in shaping the behavior of a class XI student disciplineSMA Negeri 1 Lesson Kramat year 2010/2011.In BK teacher leadership variables in the category of very poor as much as 2 students (5%), very low category were 5 students (13%), a category is less by 5 students (13%), medium category of 7 students (18%), enough categoryof 7 students (18%), high category as much as 9 students (23%), and the very high category 5 students (13%).So the effect of BK on the student teacher leadership in the high category.While the variable behavior of student discipline in the category of very poor as much as 1 student (3%), very low category of 1 (3%), less category of 7 students (18%), the categories are as many as 8 students (20%), enough categoryas many as 10 students (25%), high category were 12 students (30%), and the very high category as much as 1 student (3%).So the behavior of student discipline in the high category.And large contributions (donations) from the influence of BK teacher leadership in shaping behavior student discipline at 15.21% while the remainder is determined
Conclusion of this research is no influence of teacher leadership in shaping the behavior of BK class XI student discipline SMA Negeri 1 Lesson Kramat year 2010/2011.Advice for students are expected to comply with applicable regulations as the application of discipline, for parents expected to give a true and good supervision regarding discipline, for the guidance counselor to be improved in performing its role as a leader, educator, as well as tutors.
122011KI3 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain