Skripsi
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH BANK PENGGUNA KARTU KREDIT DITINJAU DARI UNDANG -UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Indonesia :
ARIESTA PRADANI FARAH RIZKI. 5107502546. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap nasabah bank pengguna kartu kredit ditinjau dari Undang - undang no. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta bagaimana tanggung jawab bank terhadap nasabah bank pengguna kartu kredit yang dirugikan dalam melakukan transaksi.
Penelitian ini bersifat yuridis normatif dengan statute approach dan case approach. Merupakan metode pendekatan dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan yang dilakukan dengan cara mencari peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah dan pendekatan kasus dengan cara melakukan telaah terhadap konsep secara tekstual dan dari segi hukum yang berkaitan dengan isu yang dihadapi mengenai perlindungan hukum terhadap nasabah bank pengguna kartu kredit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah bank pengguna kartu kredit belum berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan Undang - undang no. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pemberian informasi melalui media cetak maupun elekronik ternyata tidak menguntungkan nasabah bank pengguna kartu kredit khususnya pada saat penandatanganan aplikasi, hubungan hukum yang timbul tidak seimbang, demikian juga terhadap faktor - faktor penghambat terhadap perlindungan hukum terhadap nasabah bank pengguna kartu kredit ternyata lebih menguntungkan pihak bank. Bank tidak akan bertanggung jawab terhadap kerugian yang diderita nasabah kartu kredit yang diakibatkan karena kesalahan nasabah bank pengguna kartu kredit itu sendiri.
Kata kunci : Nasabah Bank Pengguna Kartu Kredit, Perlindungan Hukum,
Tanggung Jawab.
English :
ARIESTA PRADANI FARAH RIZKI. 5107502546. This research intented to know of how the law protection for bank customers of the credit card users in consumers protection act number 8 of 1999 and how is responsibility of bank to credit card customers in transaction process.
This research gets normatif's judicial formality character with statute approach and conseptual approach . Constituting approximate methods by use of legislation approaching that did by looks for regulation that get bearing with problem and case approaching by does study to tekstual's ala concept and of law facet that gets bearing with faced issue about the law protection for bank customers of the credit card users.
The result of research show that the law protection into the bank customers of the credit card users, isn't going as well as it should be in consumers protection act number 8 of 1999. The information giving through the print of media it's semm didn't work well for the customer, sepecilly when the customers must sign the application, legal relation that emerged not balanced, likewise toward the factor that hindered toward the protection of law for the customer was more beneficial to bank's side. Bank will not responsible to any mistake made by the credit card customers.
Key word: Bank Customers of The Credit Card Users, Law Responsibility.
122011KI6 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain