Skripsi
Keefektifitasan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengalami penurunan jumlah kehadiran, yaitu jumlah 43 siswa setiap minggu tidak kurang ada 10 siswa yang tidak berangkat. Alasan siswa yang tidak berangkat sekitar 80%, beralasan Alpha atau tanpa keterangan dengan alasan tersebut penulis menelaah pada adakah pengaruh Keefektifitasan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Keefektifitasan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: ada hubungan yang kuat antara Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 43 Siswa. Karena jumlah siswa kurang dari 100 responden maka, tidak menggunakan sampel. Populasi yang berjumlah 43 siswa, diambil semua untuk menjadi kelompok eksperimen. Sedangkan kelompok kontrol diambil dari SDN Kertasari 04, dengan alasan tempat tersebut mempunyai karakteristik lingkungan dan problem hidup yang sama dengan kelompok eksperimen.
Data Penelitian ini diperoleh dari hasil antara Komunikasi Antar Pribadi dengan Motivasi Belajar yang dilakukan pada populasi penelitian. Analisis data dari hasil penelitian di uji dengan product moment. Berdasarkan dari analisis data diperoleh thitung 0,583 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 43 pada taraf signifikan 5% harga ttabel = 0,301. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel 0,583 > 0,301 (t.s 5%). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Siswa Kelas V di SD Negeri Kertasari 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditekankan pada pelaksanaan Komunikasi Antar Pribadi mengalami Motivasi Belajar yang lebih baik.
English :
The problem in this research are decreasing the amount of presence, ie the number of 43 students each week at least there are 10 students who did not depart. Sometimes students who do not leave about 80%, Alpha or without reasonable explanation to why the author examines the influence is there any effectiveness Inter-Personal Communication on Student Motivation in the Elementary School Class V Kertasari 02 Suradadi Tegal regency Academic Year 2010/2011.
The purpose of this study was to determine whether there is influence the effectiveness of Inter Personal Communication on Student Motivation in the Elementary School Class V Kertasari 02 Suradadi Tegal regency Academic Year 2010/2011.
Based of the theory and frame of mind, the hypothesis in this study can be formulated as follows: there is a strong relationship between the Inter Personal Communication on Student Motivation in the Elementary School Class V Kertasari 02 Suradadi Tegal regency Academic Year 2010/2011.
The study population was the fifth grade students in primary school lesson Kertasari 02 Year 2010/2011, amounting to 43 students. Because the number of students is less than 100 respondents so, the writer doesn't use sample. Population which numbered 43 students is taken all being the experimental group. While the control group drawn from the SDN Kertasari 04, with the reason the place has the environmental characteristics and problems of living similar to the experimental group.
The study data were obtained from between interpersonal communication with the motivation to learn which conducted the study population. Analysis of data from research results in the test with a product moment. Based on the analysis of data which is got by the writer 0,583 tcount where ttable with 43 degrees of freedom at significance level of 5% price ttable = 0,301. The comparison proves that tcount greater than ttable 0,583> 0,301 (ts 5%). This indicates that this research hypothesis acceptable.
It can be concluded that V-grade students in primary school lesson Kertasari 02 Year 2010/2011 which focused on the implementation of inter-personal communication experience better learning motivation.
122011KI8 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain