Skripsi
KONFLIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SERIBU TAHUN KUMENANTI KARYA MARGA T. DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Indonesia :
SUHERI, ACEP. 2010. 1506500625. "Konflik Tokoh Utama dalam Novel Seribu Tahun Kumenanti Karya Marga T. dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA". Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Dra. Sri Mulyati, M.Pd., pembimbing II M.Sulaiman, S.S., M.Hum.
Kata Kunci : Konflik, Tokoh Utama, Novel.
Karya sastra merupakan pengejawantahan kehidupan hasil pengamatan sastrawan atas kehidupan sekitarnya, yang dipadu dengan imajinasi dan kreasi serta dukungan, pengalaman dan pengamatannya atas kehidupan tersebut. Perumusan masalah adalah bagaimanakah konflik tokoh utama dalam novel Seribu Tahun Kumenanti karya Marga T. dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan konflik tokoh utama dalam novel Seribu Tahun Kumenanti karya Marga T. dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Sumber penelitian ini adalah novel yang berjudul Seribu Tahun Kumenanti karya Marga T. Data penelitian ini tidak berupa kata, prase, klausa ataupun kalimat, tetapi berupa wacana dari novel Seribu Tahun Kumenanti karya Marga T.
Manfaat hasil penelitian ini adalah dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana mendeskripsikan implikasi konflik tokoh utama dalam novel Seribu Tahun Kumenanti dalam pembelajaran sastra pada siswa SMA dan bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi para pembaca dan pengamat sastra, yaitu untuk mengembangkan metode dan strategi pembaca dalam menghadapi dan menjalani kehidupan di dunia ini yang tidak lepas dari masalah yang berhubungan dengan konflik., dapat memberikan masukan bagi guru dalam pengajaran sastra di SMA dan juga dapat dijadikan sebagai referensi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua metode yaitu metode kepustakaan dan metode analisis. Metode kepustakaan adalah suatu metode yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data dalam suatu penelitian(Zed,2004:4). Metode analisis adalah serangkaian kegiatan untuk menguraikan suatu objek, ataupun karya sastra atas unsur-unsurnya dengan tujuan memahami pertalian antara unsur-unsur tersebut dalam karya sastra(Sudjiman,1991:26).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah konflik tokoh utama Ishtar Hadiz dalam novel Seribu Tahun Kumenanti karya Marga T. Konflik batin tokoh utama, konflik tokoh utama dengan keluarga dan konflik tokoh utama dengan lingkungannya. Pada pembelajaran sastra di SMA, dengan membaca novel dapat meningkatkan keterampilan berbahas dan pengetahuan budaya.
English :
SUHERI, ACEP . 2010. 1506500625. "Conflict Key figures in the novel Seribu Tahun Kumenanti Marga T. and implication in Learning Literature in high school. " Thesis. Indonesian Literature Language Education and Local Government, Faculty of Teacher Training and Education, University of Pancasakti Tegal. Advisor 1: Dra. Sri Mulyati, M.Pd., supervisor II, M. Solomon, SS, M. Hum.
Keywords: Conflict, People of the President, Novels.
Literary work is the embodiment of life literary observations of life around it, combined with imagination and creation and support, experience and observations on the life. Formulation of the problem is how the conflict the main character in the novel Seribu Tahun Kumenanti by Marga T. and its implications in teaching literature in high school?
Goals to be achieved in this study is to reveal the conflicts the main character in the novel Seribu Tahun Kumenanti by Marga T. and its implications in teaching literature in high school. The source of this study is novel, entitled A Thousand Years by Marga T. Kumenanti The research data is not a word, Phrase, clause or sentence, but a discourse of the novel Seribu Tahun Kumenanti by Marga T.
The benefits of this research is to increase knowledge and insight about how to describe the implications of the conflict the main character in the novel Seribu Tahun Kumenanti literature on student learning in high school and for other researchers to be a reference. While in practical research is expected to be useful for readers and literary observers, namely to develop methods and strategies the reader in the face and live in this world that can not be separated from problems associated with conflict. And to provide input for teachers in teaching literature in high school and also can be used as a reference.
The method used in this study there are two methods of literature methods and analytical methods. Literature method is a method that uses library resources to obtain data in a study (Zed, 2004:4). While the method of analysis is a series of activities to describe an object, or a literary work of its elements with the aim of understanding the relationship between these elements in works of literature (Sudjiman, 1991:26).
Results obtained from this study is the conflict the main character in the novel Ishtar Hadiz Seribu Tahun Kumenanti work Marga T. Among inner conflicts the main character, main character with a family conflict and conflict the main character with its surroundings. On learning of literature in high school, by reading the novel to enhance skills and knowledge berbahas culture.
822011KI25 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain