Skripsi
PENGARUH IKLAN POLITIK TERHADAP PERILAKU PEMILIH DALAM PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2009 DI KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL
Indonesia :
Nama : Arif Zainudin, NPM : 2107501168, Judul : Pengaruh Iklan Politik Terhadap Perilaku Pemilih Dalam PEMILU Presiden dan wakil Presiden tahun 2009 di Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : "Apakah ada pengaruh yang signifikan dan positip dari iklan politik terhadap perilaku pemilih dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009 di Kecamatan tegal Timur Kota Tegal ?"
Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah :
1. Ingin mengetahui pengaruh iklan politik terhadap perilaku pemilih pada saat PEMILU di kecamatan Tegal Timur pada saat Pemilu PILPRES dan CAWAPRES.
2. Ingin mengetahui bentuk iklan yang ada di Kecamatan Tegal Timur.
3. Ingin mengetahui iklan yang paling mempengaruhi pemilih.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian korelasi, dimana penulis bermaksud mendeteksi sejauh mana suatu faktor berhubungan dengan faktor lain dalam hal ini korelasi antara iklan politik dengan perilaku pemilih dalam PEMILU Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009 di Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.
Analisis data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat kuantitatif, yaitu analisisi data yang menggunakan rumus- rumus dan data statistik. Untuk pengujian hipotesa penulis mengangkat 2 (dua) variabel, yaitu variabel iklan politik (X) dan variabel perilaku pemilih dalam pemilu (Y) dengan jumlah responden 60 orang dan jumlah pertanyaan 38.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel sesuai dengan Uji Korelasi Pearson Product Moment dengan nilai 0,641 yang ternyata lebih besar dari pada nilai tabel pada taraf signifikan 5 % antara iklan politik yang disampaikan terhadap perilaku pemilih dalam pemilu Presiden dan wakil Presiden. Adapun besarnya prosentase keeratan hubungan kedua variabel adalah 41 % sesuai dengan perhitungan nilai determinasi.
Kemudian iklan yang mudah dipahami pemilih berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa sebanyak 42 orang memilih iklan politik melalui Televisi.
Kata kunci : Iklan Politik, Perilku Pemilih Dalam PEMILU, Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.
English :
Zainudin, Arif. NPM : 2107501168. "The Effect of Political Advertising on Voter Behavior in Election of President and Vice President in 2009 in District of East Tegal".
The research of the subject matter is :"What does the significant effect and positive advert to behavior of voters in the election of President and vice in 2009 in District of East Tegal?". The objectives of this research are :
1. The writer want to know the effect of political advertising on voter behavior of PEMILU in District of East Tegal.
2. The writer want to know the type of advert existing in district of east Tegal.
3. The writer want to know the most advert are influence the voters.
Type of research used is type correlation research, where the writer intended to detect the extent which is the factor associated with the other factor in this case correlation between political advert to behavior of voters in the election of President and vice in 2009 in District of East Tegal.
In analysis data used the writer to preparation this thesis is quantitatif data, the analysis of data using formulas and statistical.The writer have two variables For testing hypotheses , There are political advert variable (X) and behavior of voters (Y) 60 person the totaly of respondents and 38 totally of question.
The result of research was that showed there are sigificant correlation between these two variable in accordance with correlation test person product moment with value 0,641 more obvious than table value at significant level 5% among political advert to behavior of voters in the election of President and vice.There are several large percentage of closeness the correlation between two variable is 41d% according to determination value calculation.
Afterwards the advert that easy to understand by the voters base on research will be undertaken as much as 42 person to choose poloitical advert through television.
Key word : political advert, behavior of voters in PEMILU, in District of East Tegal
822011KI28 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain