Skripsi
DUNIA GURU DALAM CERPEN-CERPEN S.N. RATMANA DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMP
Indonesia :
SUNARTI. NPM. 1508501093. Skripsi. 2011. "Dunia Guru Dalam Cerpen-Cerpen S.N. Ratmana dan Implikasi Pembelajarannya Di SMP". Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Sri Mulyati, M. Pd. Pembimbing II : M. Sulaiman, S.S., M.Hum.
Kata Kunci: Dunia Guru, Cerpen-Cerpen S.N. Ratmana
Pembelajaran sastra diterapkan guru dalam pelajaran merupakan pengembangan untuk para siswa dalam mengembangkan pemikiran seorang siswa terhadap lingkungan sekitar. Karena dapat dilihat dari pengertiannya karya sastra adalah sebuah pikiran seorang pengarang yang bersumber dari pengalaman hidupnya sendiri maupun orang lain.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dunia guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana dan implikasi pembelajaran dunia guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana di SMP? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dunia guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana dan implikasi pembelajaran dunia guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana di SMP.
Teknik pengumpulan data melalui beberapa tahapan yaitu teknik simak dan catat berarti peneliti sebagai instrument kunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah dan teliti terhadap sumber data primer, yakni cerpen-cerpen S.N. Ratmana untuk memperoleh data yang diinginkan. Unsur tokoh dan penokohan ini difokuskan pada tokoh utama dunia guru yang terdapat di dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai gambaran secara umum dunia guru yang terdapat di dalam cerpen-cerpen tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat digambarkan duna guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana meliputi : Dunia guru Dilihat Dari Sosok Guru Dalam Cerpen-Cerpen Sn Ratmana, Komentar tentang Citra Ideal Seorang Guru di Masyarakat, Guru sebagai Pendidik yang Tegas dan Bertanggung Jawab, Guru sebagai Bahan Ejekan dan Objek Pemerasan, Guru sebagai Pribadi yang Hidupnya Tidak Berkecukupan, Guru sebagai Sosok yang Emosional dan Irasional, Guru sebagai Pribadi yang Dikagumi Murid, Guru sebagai Pribadi yang Tertekan, Guru sebagai Pribadi yang Bangga, Berjasa, dan Membutuhkan Pengakuan, Guru sebagai Sosok yang Tabah, Guru sebagai Korban Politik/Keadaan. Cerpen-cerpen S.N. Ratmana dapat dijadikan sebagai bahan / materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Selain mengandung unsur pendidikan juga sesuai dengan silabus SMP.
Saran penting yang dapat disampaikan yaitu diharapkan peserta didik SMP akan memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang dunia guru dalam cerpen-cerpen S.N. Ratmana yang mengimplementasikan edukasi yang berkaitan dengan keterlibatan guru dalam pendidikan.
English :
SUNARTI. NPM. 1508501093. Thesis. 2011. "Dunia Guru Dalam Cerpen-Cerpen S.N. Ratmana dan Implikasi Pembelajarannya Di SMP". Indonesia literature language Education Study Program And Region, Teachership Faculty And Education Science, University Pancasakti Tegal. My guide: Sri Mulyati, M. Pd. Guide II: M. Sulaiman, S. S., M. Hum.
Keyword: Dunia Guru, Cerpen-Cerpen S.N. Ratmana
Literature study applieds teacher in lesson is development to students in develops thinking a student towards environment around. Because visible from belleslettres the explanation a idea a writer that based on from the alive experience self also another person.
This watchfulness internal issue formulation how does teacher world in short stories S. N. Ratmana and teacher world study implication in short stories S. N. Ratmana at SMP? This watchfulness aim describes teacher world in short stories S. N. Ratmana and teacher world study implication in short stories S. N. Ratmana at SMP.
Data collecting technique passes several stages that is technique corrects reading and register to mean researcher as instrument key does penyima accurately, directional and careful towards primary data source, that is short stories s. n. ratmana to get desirable data. Figure element and penokohan this is memfokuskan in teacher world principal figure found in short stories s. n. ratmana. Then continued with explanation hits description in general teacher world found in short stories.
From this watchfulness result can be described duna teacher in short stories S. N. Ratmana cover: teacher world is seen from teacher figure in short stories sn ratmana, comment about ideal image a teacher at society, teacher as firm educator and responsible, teacher upon which ridicule and exploitation object, teacher as individual the alive not in abundance, teacher as emotional figure and irrational, teacher as individual that admired pupil, teacher as individual that depress, teacher as individual proud, meritorious, and want acknowledgement, teacher as resolute figure, teacher as policies/conditon victim. Short stories S. N. Ratmana can be made upon which / Indonesian study matter at SMP. Besides contain also as according to syllabus SMP.
Important suggestion that communicable that is supposed entrant educate smp will get erudition and insight about teacher world in short stories S. N. Ratmana mengimplementasi education related to teacher involvement in education
822011KI43 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain