Skripsi
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Faslitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP PGRI 1 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
UNTUNG RAHARJO, 2010 NPM 1706500919 Judul : Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Faslitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP PGRI 1 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010. PEMBIMBING I : Dr. Purwo Susongko, M.Pd., PEMBIMBING II : Prof. Dr. H. Trijaka Kartana, M.Si.
Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas I semester II SLTP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.; (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas I semester II SLTP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010; dan (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas I semester II SLTP PGRI 1 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian mengambil lokasi di SMP PGRI 1 Brebes kelas VII semester II. Dengan anggota populasi sebanyak 120 siswa. Sampel dalam penelitain ini diambil sebanyak 80 siswa dengan cara teknik cluster random sampling . Data pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil ulangan harian siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika sumbangan yang diberikan sebesar 13,18%; (2) ada pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika sumbangan yang diberikan sebesar 13,54%; dan (3) ada pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi matematika siswa sumbangan yang diberikan sebesar 18,06%.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan fasilitas belajar memberi pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar mataematika pada siswa kelas VII semester II SLTP PGRI 1 Brebes pada tahun pelajaran 2009 / 2010, sumbangan yang diberikan sebesar 18,06%.
English :
UNTUNG RAHARJO, 2010 NPM 1706500919 Title : The influence of parental and Learning Facility on Students Achievement Learning mathematics Class VII Semester II SLTP PGRI I Brebes Academic Year 2009/2010. COACH I: Dr. Purwo Susongko, M.Pd., COACH II: Prof. Dr. H. Trijaka Kartana, M.Sc.
Key words : Attention Parents, Learning Facility, Mathematics Learning
Achievement.
The purpose of this study were (1). to determine the presence or absence of
parental influence on mathematics achievement class VII Semester II SLTP PGRI I BrebesTahun Academic Year 2009/2010.; (2). to determine whether or not the influence of learning facility to learn mathematics achievement class VII Semester II SLTP PGRI I Brebes Academic Year 2009/2010.; (3). to determine the presence or absence of parental influence and learning facility to students mathematics achievement class VII Semester II SLTP PGRI I Brebes Academic Year 2009/2010.
This research takes place in the SLTP PGRI I Brebes class VII semester II. With a population of 120 students. The samples were taken by 80 students in a way cluster random sampling technique. The data concern the influence of parents and teaching facilities was obtained through questionnaire data diperolehh value of studying mathematics achievement through students' documentation of daily tests.
From the results of this study indicate that: (1). There are the influence of parental supervision of studying mathematics achievement contribution given by 13.18%.; (2). There are the influence of learning facility to learn mathematics achievement contribution given by 15.54%.; and (3). There are the influence of parental attention and learning facility to learn mathematics achievement contribution given by 18.06%.
From this research can be concluded that the attention of parents andteaching facility to give greater influence on mathematics achievement class VII Semester II SLTP PGRI I Brebes Academic Year 2009 / 2010, contribution given by 18.06%.
822011KI45 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain