Skripsi
STUDI PENGEMBANGAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Indonesia :
Nanang Suwito. 2010. Studi Pengembangan Sikap Positif Siswa Terhadap Bimbingan Konseling Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I, Drs. Sukoco, KW dan Dosen Pembimbing II, Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan Sikap Positif, dan Layanan informasi mengenai Bimbingan Konseling.
Sikap berarti reaksi seseorang terhadap obyek tertentu sesuai dengan pengalaman atau pengaruh dari luar yang diterimanya setelah melewati proses dalam diri sendiri, lalu diwujudkan dalam bentuk tingkah laku atau perbuatan yang disertai dengan perasaan senang terhadap obyek tersebut. Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai perkembangan sikap dalam menanggapi layanan bimbingan konseling di sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011 Manfaat penelitian ini adalah Memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang bimbingan dan konseling.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Brebes tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 119 siswa. Sedangkan sampel penelitian di ambil 34 % yaitu 40 siswa dengan menggunakan teknik sampel random sampling cara undian.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala Sikap. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment rxy = 0.418 > rtabel = 0.325 dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha r11 = 0.938> rtabel = 0.325 maka disimpulkan bahwa instumen tersebut reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus Uji Wilcoxon Zhitung = -3.96 > Ztabel = 1,64, hal tersebut menunjukkan bahwa Pengembangan Sikap siswa dapat ditingkatkan melalui layanan Informasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambaran pengembangan sikap sebelum diberi layanan Informasi diperoleh skor 54.93% dengan kategori sedang atau cukup positif dan setelah diberi layanan informasi diperoleh skor 71.38% dengan kategori tinggi atau positif. Dari perhitungan tersebut berarti terjadi pengembangan sikap siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes antara sebelum dan setelah diberikan layanan Informasi.
English :
Nanang Suwito. 2010. Positive Attitude Development Studies Students Against Guidance Counseling Through Information Services In Student Class VIII SMP N 3 Bradford Academic Year 2010/2011. Thesis, Department of Guidance and Counselling, Faculty of Teacher Training and Education, University Pancasakti Tegal. Supervisor I, Drs. Sukoco, KW and Supervisor II, Suriswo, M.Pd.
Keywords: Developing Positive Attitude, and Service information about Guidance Counseling.
Attitude means the person's reaction to a particular object in accordance with the experience or outside influences that it receives after going through the process within oneself, then realized in the form of behavior or actions are accompanied by good feelings toward the object. Information Services is the submission of information to target services for individuals to cultivate and utilize such information for the benefit of living and development. The purpose of this research is to obtain empirical data regarding the development of attitudes in response to guidance counseling services at school in eighth grade student at Junior High School 3 Bradford school year 2010 / 2011 Benefits of this research is to provide a positive contribution to the development of science in the field of guidance and counseling. The population in this study are all students SMP Negeri 3 Lessons Brebes year 2010/2011, amounting to 119 students. While the study sample was taken 34% of 40 students by using random sampling technique how to draw a sample .. Methods of data collection in this study is attitude scale. Validity test using the formula Product Moment correlation rxy = 0418> = 0325 rtabel and instrument reliability using the formula Alpha R11 = 0938> = 0325 rtabel then concluded that the instrument is reliable. Analysis using Wilcoxon test formula Zhitung = -3.96> Ztabel = 1.64, it shows that the development of student attitudes can be improved through information services. From this research can be concluded that the picture of the development of attitudes before the service was given a score of 54.93% obtained information by category or quite positive, and after being given information service score of 71.38% obtained with high or positive categories. From these calculations it means there is the development of the attitude of eighth grade students of SMP Negeri 3 Brebes between before and after being given information service.
822011KI50 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain