Skripsi
Upaya Meningkatkan Pemahana Unsur Intrinsik Novel Senandung Puncak Gunung Karya Wahyu Dewanto Menggunakan Model Pembelajatan Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010
Indonesia :
WIDIASTUTI, UMI. 2010. "Upaya Meningkatkan Pemahaman Unsur Intrinsik Novel Senandung Puncak Gunung Karya Wahyu Dewanto Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010". Skripsi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembibing I: Sutji Mulyani, S.S.,M. Hum., Dosen Pembimbing II: M.Sulaiman, S.S.,M.Hum.
Kata Kunci: Novel, unsur intrinsik novel, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan penulis, pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kurang disukai siswa sehingga hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Brebes belum memuaskan. Untuk memecahkan masalah, penulis mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) sehingga siswa tidak jenuh. Oleh karena itu, proses pembelajaran menjadi menarik dan siswa akan termotifasi untuk belajar. Dengan demikian dapat membantu perbaikan hasil belajar siswa.
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami unsur intrinsik novel. Penelitian ini diharapkan memberi manfaat kepada banyak pihak antara lain guru, siswa, dan sekolah.
Prosedur kerja dengan penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahap siklus diartikan sebagai perputaran tahapan dalam PTK. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali tatap muka pengembangan materi dan satu kali tatap muka untuk tes akhir siklus. Tolok ukur keberhasilan ditunjukkan oleh peningkatan motivasi dan minat belajar siswa, serta diperoleh hasil tes pemahaman unsur intrinsik yang baik dengan nilai rata-rata minimal 64 dan ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%.
Hasil akhir siklus I dapat dilihat dari nilai rata-rata 63,73 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 63,63%. Pada siklus I belum mencapai nilai rata-rata 64 dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%. Oleh karena itu, penulis melanjutkan penelitian dengan siklus II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil tes akhir siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 79,23 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 90,90% .
Simpulan penelitian tindakan kelas ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi, minat belajar siswa, hasil evaluasi, dan penyajian materi pembelajaran yang efektif dan efisien.
Penulis berharap kepada pembaca, khususnya rekan guru untuk mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai fariasi dalam pembelajaran.
English :
Widiastuti, UMI. 2010. "Efforts to Improve Understanding of Intrinsic Elements Novel humming summit of Mount Work Revelation Dewanto Using Cooperative Learning Model Type STAD In Class VIII C SMP Negeri 4 Bradford Academic Year 2009/2010". Thesis. Education Language And Literature Indonesia and the Region. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal. Lecturer Pembibing I: sanctuary Mulyani, S.S., M. Hum., Supervisor II: M. Solomon, SS, M. Hum.
Keywords: Novels, an intrinsic element of the novel, cooperative learning model type STAD
Based on author's initial observation, learning Indonesian language and literature so that the least preferred student learning outcomes class VIII C SMP Negeri 4 Bradford has not been satisfactory. To solve the problem, the authors try to use the cooperative learning model type STAD (Student Teams-Achievement Divisions), so students are not saturated. Therefore, the learning process becomes interesting and students will be motivated to learn. Therefore, it can help improve student learning outcomes.
The research aims to improve student learning outcomes in basic competence to understand the intrinsic elements of the novel. This research is expected to provide benefits to many stakeholders including teachers, students, and schools.
Procedure of work with classroom action research include the planning phase, implementation, observation, and reflection. Phase is defined as the rotation cycle stages in the TOD. The research was conducted through two cycles. Each cycle carried out three times face to face the development of materials and a one-time face to face for the final test cycle. Measure for success is demonstrated by the increased students' motivation and interest, and obtained an intrinsic element of understanding the test results are good with an average rating of at least 64 and a classical learning completeness least 85%.
The final result of the first cycle can be seen from the average value of 63.73 with a classical learning completeness 63.63%. In cycle I have not achieved an average rating of 64 and a classical learning completeness of 85%. Therefore, the authors continue the study with the second cycle type STAD cooperative learning model. The test results of cycle II has increased. It can be seen that the average grade of 79.23 with a classical learning completeness 90.90%.
Conclusion This classroom action research is by using a model of type STAD cooperative learning can improve the motivation, the learning interest of students, evaluation, and presentation of learning materials effectively and efficiently.
The authors hope to readers, especially fellow teachers to use cooperative learning model type STAD as a variation in learning.
822011KI54 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain