Skripsi
Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kompetensi Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan terhadap sikap siswa kelas X Ak 1 SMK Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
EDOSIA RATIH KUS ANDRIANI, 2011, "Implementasi Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Persamaan Kedudukan Manusia Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Terhadap sikap Siswa Kelas X Ak 1 SMK Pius Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pendidikan PPKn, Drs. Subiyanto, M.Pd., Muahimin Sadirun, S.H., M.H., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Implementasi, Contextual Teaching and Learning, Sikap Persamaan Kedudukan Warga Negara
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Persamaan Kedudukan Warga Negara Dalam berbagai aspek kehidupan.
Subyek penelitian adalah siswa kelas X Ak 1 SMK Pius Tegal yang berjumlah 32 siswa sebagai populasi. Indikator keberhasilan yang dijadikan tolak ukur dalam penelitian ini adalah minimal 85 % dari seluruh siswa kelas X Ak 1 SMK Pius Tegal setelah pembelajaran kompetensi Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan dengan implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami perubahan sikap.
Data penelitian diperoleh melaui skala sikap, dokumen hasil belajar, dan observasi lapangan. Data-data penelitian yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kompetensi Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan dengan meningkatkan implementasi Contextual Teaching and Learning, dengan memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk melakukan observasi lingkungan dan berdiskusi dengan teman yang berbeda latar belakang terlihat dari perubahan sikap siswa yang diukur dengan skala sikap.
Rata-rata persentasi hasil belajar siswa pada siklus I 79% , sedang pada siklus II, menjadi 83% dengan rincian peningkatan pencapaian hasil belajar pada 28 siswa jadi mencapai 87,5%. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Bandono, Menyusun Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, artikel www. Bandono. Blogspot. Com/ tanggal 3 Nopemeber 2009;
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistic dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, social, dan cultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan / ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi agar guru PKn lebih memahami kondisi siswa sebagai remaja pada umumnya, maupun berbagai latar belakangnya agar dapat menentukan metode yang paling tepat dalam pembelajaran.
English :
EDOSIA RATIH KUS ANDRIANI, 2011 " The Implementation of Contextual Teaching and Learning on Learning Process of 'Persamaan Kedudukan Manusia Dalam Berbagai Aspek Kehidupan' toward The Attitude of the Students of Class X Ak 1 SMK PIUS Tegal 2009/2010. Study of Pancasila and Civic Education, Drs. Subiyanto, M.Pd., Muhaimin Sadirun, S.H., M.H., Teacher Training and Education Faculty, Pancasila University, Tegal.
Key Words : Implementation, Contextual Teaching and Learning, Non-discriminative Attitude, the Citizenship.
This research is to know how the implementation of Contextual Teaching and Learning on learning process with the subject 'Persamaan Kedudukan warga Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan'.
The subject of the research is the student of Class Ak 1 SMK Pius Tegal, with total amount are 32 as population of the research. The indicator's effectiveness of this research is determined by at least 85% of the population change their attitude after following the learning process with the subject 'Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam berbagai Aspek kehidupan'.
Data of this research are collected by measuring attitude scale, document of learning result, and also by observing the student while they join learning process in class and out of class. Result of this research shows that there is an improvement of learning competence's result 'Persamaan Kedudukan Warga Negara dalam berbagai Aspek Kehidupan' by implementing Contextual Teaching and Learning method. This method gives more chance to the student to learn the subject of learning competence through direct observation toward their social environment and by discussing among them whose background of life and social environment are naturally different one to another. The learning process method by implementing Contextual Teaching and Learning shows attitude changing measured by scale of attitude.
Average of the percentage of the learning result in First Cycle is 79%; while in Second Cycle by implementing Contextual Teaching and Learning, the result becomes 83%, and 28 students of the total population achieve 87,5% on their scale of attitude. This is appropriate to Bandono's opinion, which is stated in his article 'Menyusun Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning' (www.Bandono.com /3 Nopember 2009) :
Contextual Teaching and Learning is holistic learning process which aims to help the students understand the meaning of the learning subject by making linkage toward their daily life context (personal, social and cultural context), so that the student have dynamic and flexible knowledge and skill to actively construct their understanding of the subject learning by themselves (translated by the writer)
Based on the result of this research, teachers of Civic Education are suggested to understand better the condition of their student, as teenagers or youth, or their various background of life, in order to decide the best method or model implemented in learning process.
822011KI58 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain