Skripsi
Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemberian motivasi pada pelajaran matematika materi pokok volume bangun ruang (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V Semester II SD Negeri Banjaratma 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelaj
Indonesia :
MARIA FATMAWATI. 2011. "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemberian motivasi pada pelajaran matematika materi pokok volume bangun ruang" (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V Semester II SD Negeri Banjaratma 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : pemberian motivasi, hasil belajar siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa senang terhadap pelajaran Matematika dengan ditandai pada kegiatan pembelajaran jumlah siswa aktif minimal 70%,Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemberian motivasi pada pelajaran matematika materi pokok volum bangun ruang dengan rata-rata kelasnya minimal 7,0 dan nilai ketuntasan belajarnya minimal 6,5 serta untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui pemberian motivasi terhadap pemahaman siswa pada materi pokok volume bangun ruang, ditunjukan dengan daya serap siswa minimal 70% melalui pemberian motivasi siswanya, sehingga siswa tidak hanya dapat menghafal rumusnya saja, tetapi juga dapat memahami konsep volum bangun ruang, dan diharapkan siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan volum bangun ruang.
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Manfaat bagi siswa, diharapkan siswa mampu termotivasi dalam belajar, senang terhadap pelajaran matematika, lebih memahami konsep volum bangun ruang, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat bagi guru, guru lebih bersemangat dalam mengajar, lebih mudah dalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi sekolah, dapat meningkatkan prestasi akademik terutama pada mata pelajaran matematika serta pembelajaran di sekolah akan lebih bermutu.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap akhir siklus dilakukan tes formatif untuk mengetahui tingkat pencapaian ketuntasan belajar siswa. Hasil siklus pertama, pencapaiannya adalah tuntas belajar ada 21 siswa, rata-rata kelas 6,3 dan simpangan baku 1,1. Sedangkan pada siklus kedua, tuntas belajar 25 siswa, rata-rata kelas 7,2 dan simpangan bakunya 0,7. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka jika dilihat dari hasil kedua siklus tersebut, penelitian ini dapat dikatakan berhasil, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mengaplikasikan pemberian motivasi maka pemahaman siswa akan materi pokok volum bangun ruang dapat meningkat.
English :
MARIA FATMAWATI. 2011. "Increase result learn student through giving motivation to mathematics lesson at direct material shape room. (Class Action Research to the Sixth Year Student in the second Semester of Elementary school Banjaratma 01 Bulakamba subditrict Brebes regency in Academic Year 2009/2010). Thesis. Mathematic Department, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University Tegal.
Keyword : Giving motivation, result student learn
Intention of this research is to student happy to mathematic lesson, with marked at study activity quantity of active student minimum is 70%, for Increase result learn student through giving motivation to lesson at direct material shape room with mean of class minimum is 7,0 and complete value of study 6,5 and for Increase study activity of student through giving motivation. To student comprehension at direct material shape room exhibit with reserve power of student minimum is 70% through giving motivation of student. Until student not only get formula memorize, but also can comprehend draft shape room and expeted student can analyze of problem to related with shape room.
This research is expected to give benefit for student, school and teacher. Benefit for student, expected by a student able to be motivated in learning, like to mathematics lesson, more comprehend shape room concept and also can improve result learn student. Benefit for teacher, teacher more zeal for to teach, easier, in guiding student finding difficulties in following study process. can improve achievement academic especially at mathematics subject and also the study at school will be more be certifiable.
Research conducted in two cycle, every final of cycle conducted by formative test to know complete attainment storey; level learn student. Result of first cycle, attainment is complete learn there is 21 student, class mean 6,3 and standard deviation 1,1. While at second cycle, complete learn 25 student, class mean 7,2 and standard deviation 0,7. Pursuant to efficacy indicator, if seen from the cycle second result, this research can be told to succeed, inferential so that with approach Giving motivation the understanding of student of direct material of shape room can mount.
922011KI4 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain