Skripsi
Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Lebaksiu I Kabupaten Tegal Tahun 2009/2010
Indonesia :
EDY MURDIYATI. 110500827. 2010. Skripsi. Pengaruh Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Lebaksiu I Kabupaten Tegal Tahun 2009/2010. Drs. Soebianto, M.Pd., Drs. Sukoco KW. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Pengembangan Diri, Pembentukan Kepribadian.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pengembangan diri melalui Pelayanan konseling kelompok dalam membentuk kepribadian siswa Kelas VIII SMP Negeri Lebaksiu I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010? Dan tujuan penelitian I ni adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan diri melalui Pelayanan konseling kelompok dalam membentuk kepribadian siswa Kelas VIII SMP Negeri Lebaksiu I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, sejumlah 301 siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Dari 301 siswa tersebut diambil sample secara pengamatan metode dan analisa sebanyak 30 siswa.
tingkatan pengembangan diri melalui layanan konseling angka capaiannya adalah 2771 jawaban responden didukung dari jawaban responden rata - rata menjawab diatas angka capaian 65,44% dari skor ideal dan dapat dikategorikan cukup baik, sedangkan pembentukan kepribadian siswa di SMP ditemukan angka capaiannya 2916 atau mencapai angka capaian 79,37 % dri skor ideal dapat dikategorikan cukup baik. Dari hasil korelasi antara pengembangan diri dengan pembentukan kepribadian siswa dihasilkan nilai koefisien korelasi r hitung sebesar 0,457, dan r table untuk N = 30 sebesar 0,361 pada taraf signifikan 5%, maka koefisien korelasi lebih tinggi dari r tabel maka terdapat pengaruh yang cukup signifikan.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan memanfaatkan layanan konseling yang disediakan sekolah untuk mengatasi massalah - masalah pribadi yang menghambat proses penyesuaian diri di sekolah, sehingga pengembangan diri siswa dapat terlayani secara baik dan benar.
English :
Edy Murdiyati. 110500827. 2010. Thesis. Self development influence passes counseling service towards class student personality formation viii country junior high school Lebaksiu I at Tegal regency year 2009/2010. Drs. Soebianto, M. Pd., Drs. Sukoco Kw. Teachership Faculty and University Education Science Pancasakti Tegal.
Keyword: Self Development, Personality Formation.
This watchfulness internal issue formulation how does self development influence pass group counseling service in form class student personality VIII SMP country Lebaksiu I school year Tegal regency 2009/2010? and my watchfulness aim is ni detects self development influence passes group counseling service in form class student personality VIII SMP country Lebaksiu I at school year Tegal regency 2009/2010.
Population in this watchfulness is that is entire class student's VIII SMP country 1 Lebaksiu school year Tegal regency 2009/2010, amount of 301 students widespread in 8 classes. From 301 students taken sample according to observation as much as 30 students.
Self development stage passes the performance number counseling service 2771 respondent answers is supported from flat respondent answer - flat answers on performance number 65,44% from ideal score and can category good enough while student personality formation at SMP be found the performance number 2916 or achieve performance number 79,37 % dry ideal score can category good enough. from correlation result between self development with student personality formation is produced correlation coefficient value r count as big as 0,457 and r table to n = 30 as big as 0,361 in standard significant 5%, so higher correlation coefficient from r table so found influence enough significant.
Suggestion that communicable supposed make use counseling service that provided school to overcome mass - individual problem that retards process settings self at school, so that student self development can be served well and true.
922011KI12 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain