Skripsi
ANALISIS PENGELOLAAN ARSIP DI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
Indonesia :
Nama : Tobiin, NPM : 2108501350, Judul : Analisis Pengelolaan Arsip di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.
Salah satu fungsi arsip adalah sebagai dasar hukum yang tetap dan kuat bagi organisasi untuk melaksanakan suatu agenda atau kegiatan organisasi dalam kesehariannya. Lebih jauh lagi sejarah agenda dan kegiatan organisasi dapat ditelusuri kebelakang melalui arsip. Dari pernyataan tersebut dapat ditarik dua kesimpulan mendasar sebagai berikut : Pertama, dengan pengelolaan arsip yang baik maka organisasi yang lengkap sebagai dasar hokum yang tetap, yang kuat untuk menjalankan tugas dan fungsi organisasi yang bersangkutan. Kedua, dengan pengelolaan arsip yang baik maka organisasi memiliki arsip-arsip terdahulu yang masih tersimpan dengan baik. Mengingat pentingnya arsip bagi organisasi maka perlu ditingkatkan profesionalitas pegawai pengelola arsip. Adapun pokok permasalahannya yaitu belum tercapainya pengelolaan arsip yang baik dan benar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu pegawai, organisasi, kebijaksanaan dan praktek manajemen sehingga apa yang menjadi tujuan visi dan misi dapat diwujudkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengelolaan arsip di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.
Metode penelitian ini bersifat diskriptif, untuk memperoleh data yang relevan dan lengkap maka dalam penelitian ini cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis pengelolaan arsip di Kecamatan Paguyangan secara umum belum dilaksanakan sesuai dengan aturan dan mekanisme seharusnya serta masih ditemukan penyimpanan arsip yang terkesan asal-asalan sehingga kesulitan pegawai dalam mencari suatu berkas atau surat yang telah diarsipkan.
Saran yang disampaikan melalui hasil penelitian ini adalah : 1. Diperlukan upaya-upaya untuk memperhatikan kesejahteraan para pegawai, 2. Perbaikan system input yaitu system penerimaan pegawai agar lebih berkualitas yang pada akhirnya terpilih untuk mengabdi kepada masyarakat, 3. Sistem pemilihan kepala desa dinilai menjadi awal dari tingkat kualitas kinerja dari para aparat pengelola arsip yang ada di desa, 4. Perlu dilakukan penempatan petugas kearsipan yang telah mengikuti bimbingan ketrampilan pengelola kearsipan guna meningkatkan pengelolaan kearsipan yang professional.
Kata kunci : Pengelolaan arsip yang professional
English :
Name: Tobiin, NPM: 2108501350, Title: Analysis of Records Management in Sub Paguyangan Brebes.
One function is to archive as a permanent legal basis and strong for the organization to implement an agenda or organization in their daily activities. Furthermore, the agenda and activities of the organization's history can be traced backward through the archives. From these statements can be drawn two basic conclusions: First, with a good records management is a complete organization as a permanent legal basis, strong to perform its duties and functions of the organization concerned. Secondly, with good management of the organization's archives have previous records are still stored properly. Given the importance of archives for the organization then needs to be improved staff professionalism archive manager. The subject matter that is not the achievement of record-keeping is good and right and the factors affecting the employee, organization, policies and management practices so that what the vision and mission objectives can be realized.
This study aims to determine records management as well as what factors affect the management of archives in District Paguyangan Brebes.
This is a descriptive research method, to obtain relevant data and complete it in this study means used to collect data with the method of observation, interview and documentation.
Based on the analysis of record-keeping in District Paguyangan generally not been carried out in accordance with the rules and mechanisms should also still found in the storage archive that seem so perfunctory civil difficulty in finding a file or a letter that has been archived.
Suggestions are conveyed through the results of this study are: 1. Efforts are needed to pay attention to the welfare of employees, 2. Improved input system that is hiring system for higher quality, which in turn elected to serve the community, 3. Village head election system is considered to be the beginning of the level of quality performance of the existing records management officers in the village, 4. Need to do archival placement officer who had followed the guidance of skilled managers to improve the management of archival archival professional.
Key Word : The management of professional archival
922011KI15 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain