0,28. The rxy result is above significance 1% and 5%. So, r is significance. It means both of variables are high. Working hypothesis (Hk/Ha) is "Guidance and Counseling solves the problematic learning of the seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes in academic year 2009/2010 is received" and nil hypothesis (Ho) is "Guidance and Counseling does not solve the problematic learning of seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang is refused". The writer concludes that there is a significance correlation between guidance and counseling service to solve the student's problematic learning of SMP Negeri 2 Jatibarang in academic year 2009/2010 is 0,747." />
Skripsi
Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Hambatan Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa kelas VII).
Indonesia :
DESI MEGAWATI. NIM., 1106500241, Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Hambatan Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 (Studi Deskriptif Analitik pada Siswa kelas VII). Skripsi. FKIP. UPS Tegal. Pembiming I Dr. Dino Rozano, M.Pd. Pembimbing II Sursiwo, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: .peran, Bimbingan dan Konseling, hambatan belajar..
Berdasarkan informasi guru SMP Negeri 2 Jatibarang diketahui bahwa siswa yang mengalami nilai rendah dimungkinkan anak mengalami masalah belajar, sehingga perlu mendapatkan bantuan bimbingan dan konseling dari guru untuk mengatasi hambatan yang dihadapinya. Bimbingan dan konseling tujuan untuk menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar dan memanfaatkan waktu luang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimanakah prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang b) Bagaimanakah bentuk-bentuk hambatan belajar yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010? c) Bagaimanakah peran Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi hambatan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010? Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010, 2) untuk mengetahui bentuk-bentuk hambatan belajar yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010, 3) untuk mengetahui peran Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi hambatan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010.
Subyek penelitian ini sebanyak 18 siswa, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari angket, observasi, dan wawancara, analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang diperoleh ternyata lebih besar dari angka dalam tabel yaitu 1% < 0,747 > 5%, atau 0,372 < 0,747 > 0,28. Ternyata nilai rxy di atas signifikasi 1% dan 5%, maka nilai r dapat penulis nyatakan signifikan yang berarti antara kedua variabel itu tinggi, hipotesis kerja (Hk/ha) yang berbunyi; "Bimbingan dan Konseling berperan dalam mengatasi hambatan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 dinyatakan diterima, dan hipotesa Nihil (Ho) yang berbunyi; "Bimbingan dan Konseling tidak berperan dalam mengatasi hambatan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang ditolak.
Simpulan ada hubungan yang signifikan antara layanan bimbingan konseling terhadap pengatasan hambatan belajar pada siswa SMP Negeri 2 Jatibarang tahun pelajaran 2009/2010 sebesar 0,747.
English :
DESI MEGAWATI. NIM., 1106500241, The Influence of Guidance and Counseling To Solve Student's Problematic Learning of SMP 2 Jatibarang Brebes in Academic Year 2009/2010 (An Analytic Descriptive Study of Seventh Grade Student). Thesis. FKIP UPS Tegal. Advisor I Dr. Dino Rozano, M.Pd. Advisor II Suriswo, S.Pd. M.Pd.
Key Words: Influence, Guidance and Counseling, Problematic Learning.
Based on the teacher's information of SMP N 2 Jatibarang is known that the low marked student is possible to face problematic learning. So, It's necessary to be given guidance and counseling from the teacher to solve the problematic faced. Guidance and counseling has a goal to increase student's competence in learning and make their spare time in benefit. The problem's formulation is a) How is the learning result of the student in SMP Negeri 2 Jatibarang, b) How is the form of problematic learning faced by seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang Semester II in academic year 2009/2010, c) How is the influence of guidance and counseling to solve the problematic learning of seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang semester II in academic year 2009/2010? The objective of the research is 1) to know the learning result of seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang, 2) to know the form of problematic learning faced by seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang semester II in academic year 2009/2010, 3) to know the influencej of guidance and counseling to solve the problematic learning of seventh grade student ini SMP Negeri 2 Jatibarang semester II in academic year 2009/2010.
The subject of the research is 18 students. The method of date collecting is questionnaire, observation and conversation. The research uses analysis of product moment correlation.
The result of the research shows the final result is higher than table result. It is 1% < 0,747 > 0,28. The rxy result is above significance 1% and 5%. So, r is significance. It means both of variables are high. Working hypothesis (Hk/Ha) is "Guidance and Counseling solves the problematic learning of the seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang Brebes in academic year 2009/2010 is received" and nil hypothesis (Ho) is "Guidance and Counseling does not solve the problematic learning of seventh grade student in SMP Negeri 2 Jatibarang is refused".
The writer concludes that there is a significance correlation between guidance and counseling service to solve the student's problematic learning of SMP Negeri 2 Jatibarang in academic year 2009/2010 is 0,747.
922011KI37 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain