ttabel = 2,000 yang berarti hipotesis nihil yang menyatakan "Tidak ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dan setelah efektifitas bimbingan pribadi" adalah ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan "Ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011". Kesimpulannya adalah bahwa ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 setelah efektifitas bimbingan pribadi. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah seharusnya Guru BK melaksanakan bimbingan pribadi lebih bertanggung jawab dan maksimal agar mampu mengajarkan peserta didiknya tentang tata tertib sekolah sehingga peserta didik dapat meningkatkan pentaatan peraturan sekolahnya. English : AGUSSALMAH. NPM. 1107500829.2011. "Study towards affectivities individual guidance in obeys school regulation at SMP N 3 Brebes regency Brebes (analytic descriptive study entrants educates class VIII semester odd school year 2010/2011)" , guidance direction and counseling, teacher ship faculty and university education science Pancasakti Tegal. Keyword: individual guidance, obey regulation. Internal issue background this research is entrant quantity educates at SMP N 3 Brebes less discipline, go to school stills as delicious as it self, proved clock 07.00 still there trip; even they are there expressly still to sits intersection road. is stilling many being met entrant is educating that is truanting, doesn't do task properly, doesn't bring textbook and still many the other infringements. This watchfulness aim 1) wants to detect level configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011. 2) want to detect individual guidance benefit for entrant educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011.3) want to detect affectivities individual guidance towards configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 before and after individual guidance. Population in this watchfulness entrant educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 that number 324 entrants educate. Sample magnitude in this watchfulness appointed 18% from population total that is 18% x 324 = 58,32 respondents is rounded off 60 respondents. Data collecting technique that used questioner and interview. Data analysis technique uses formula presents score and t-test. From calculation t test got value t-count as big as 5,564. value t-count then consulate with t-table in standard significant (0,5) ? 5 % with degree of freedom n-1 or 60 - 1 = 59 where got t-table = 2,000 obvious t-count = 5,564 > t-table = 2,000 that mean hypothesis nil that declare" there is no influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 before and after affectivities individual guidance" averred and get alternative hypothesis that declares" there influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011" . The conclusion that there is influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 after affectivities individual guidance. Suggestion that communicable from this watchfulness result among others should teacher BK carry out individual guidance more responsible and maximal so that can to teach entrant educative about school discipline so that entrant educates can increase configuration the school regulation." />
Skripsi
Studi Terhadap Efektifitas Bimbingan Pribadi Dalam Mentaati Peraturan Sekolah di SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes (Studi Deskriptif Analitik Para Peserta Didik Kelas VIII Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011)
Indonesia :
AGUSSALMAH. NPM. 1107500829. 2011. "Studi Terhadap Efektifitas Bimbingan Pribadi Dalam Mentaati Peraturan Sekolah di SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes (Studi Deskriptif Analitik Para Peserta Didik Kelas VIII Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011)", Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Mentaati Peraturan.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya peserta didik di SMP N 3 Brebes yang kurang disiplin, berangkat ke sekolah masih seenaknya sendiri, terbukti jam 07.00 masih ada yang diperjalanan; bahkan mereka ada yang sengaja masih duduk-duduk diperempatan jalan. Masih banyak dijumpai peserta didik yang sedang membolos, tidak mengerjakan tugas sebagaimana mestinya, tidak membawa buku pelajaran dan masih banyak pelanggaran yang lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Ingin mengetahui Tingkat Pentaatan peraturan Peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) Ingin mengetahui manfaat bimbingan pribadi bagi peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. 3) Ingin mengetahui Efektifitas Bimbingan pribadi Terhadap Pentaatan peraturan Peserta didik Kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dan setelah bimbingan pribadi.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 324 peserta didik. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditetapkan 18% dari jumlah populasi yaitu 18% x 324 = 58,32 responden dibulatkan 60 responden.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus prosentase skor dan t-test.
Dari perhitungan t test diperoleh nilai thitung sebesar 5,564. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan (0,5) ? 5 % dengan derajat kebebasan N-1 atau 60 - 1 = 59 dimana diperoleh ttable = 2,000 ternyata thitung = 5,564 > ttabel = 2,000 yang berarti hipotesis nihil yang menyatakan "Tidak ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dan setelah efektifitas bimbingan pribadi" adalah ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan "Ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011".
Kesimpulannya adalah bahwa ada pengaruh pentaatan peraturan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2010/2011 setelah efektifitas bimbingan pribadi.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah seharusnya Guru BK melaksanakan bimbingan pribadi lebih bertanggung jawab dan maksimal agar mampu mengajarkan peserta didiknya tentang tata tertib sekolah sehingga peserta didik dapat meningkatkan pentaatan peraturan sekolahnya.
English :
AGUSSALMAH. NPM. 1107500829.2011. "Study towards affectivities individual guidance in obeys school regulation at SMP N 3 Brebes regency Brebes (analytic descriptive study entrants educates class VIII semester odd school year 2010/2011)" , guidance direction and counseling, teacher ship faculty and university education science Pancasakti Tegal.
Keyword: individual guidance, obey regulation.
Internal issue background this research is entrant quantity educates at SMP N 3 Brebes less discipline, go to school stills as delicious as it self, proved clock 07.00 still there trip; even they are there expressly still to sits intersection road. is stilling many being met entrant is educating that is truanting, doesn't do task properly, doesn't bring textbook and still many the other infringements.
This watchfulness aim 1) wants to detect level configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011. 2) want to detect individual guidance benefit for entrant educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011.3) want to detect affectivities individual guidance towards configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 before and after individual guidance.
Population in this watchfulness entrant educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 that number 324 entrants educate. Sample magnitude in this watchfulness appointed 18% from population total that is 18% x 324 = 58,32 respondents is rounded off 60 respondents.
Data collecting technique that used questioner and interview. Data analysis technique uses formula presents score and t-test.
From calculation t test got value t-count as big as 5,564. value t-count then consulate with t-table in standard significant (0,5) ? 5 % with degree of freedom n-1 or 60 - 1 = 59 where got t-table = 2,000 obvious t-count = 5,564 > t-table = 2,000 that mean hypothesis nil that declare" there is no influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 before and after affectivities individual guidance" averred and get alternative hypothesis that declares" there influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011" .
The conclusion that there is influence configuration entrant regulation educates class VIII SMP N 3 Brebes regency Brebes school year 2010/2011 after affectivities individual guidance.
Suggestion that communicable from this watchfulness result among others should teacher BK carry out individual guidance more responsible and maximal so that can to teach entrant educative about school discipline so that entrant educates can increase configuration the school regulation.
922011KI43 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain