2,000). Thus the conclusion of the research is "There is a difference in students' writing skills significantly between students who are taught to write using the picture media with students who are taught to write without the use of picture media". English : NURSANTI, IDA. 2011. 1606501431. " The Effectiveness of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011). Skripsi.Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci : Media Gambar, Pengajaran Menulis Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas media gambar dalam pengajaran menulis bahasa Inggris pada siswa kelas VII semester I di SMP Negeri 17 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 224 siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sample penelitian yang berjumlah 60 siswa, dimana penulis membagi sample tersebut menjadi 2 kelompok sample, yaitu 30 siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan landasan teori dalam kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : " Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar Penulis menggunakan test tertulis berisi tes bahasa Inggris sebagai instrument penelitian. Bentuk test adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal 20. Alokasi waktu untuk mengerjakan test tersebut adalah 45 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas penulis menguji instrument test tersebut dengan memberikan test kepada 20 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi lima persen (5 %) dan derajat kebebasan 58, diperoleh hasil t-hitung 4,324 dan t-tabel 2,000 jadi hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,324 >2,000) Jadi dapat disimpulkan bahwa "Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar"." />
Skripsi
The Effectiveness of Picture Media in Teaching Writing for Students of First Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011)
Indonesia :
NURSANTI, IDA. 2011. 1606501431. " The Effectiveness of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011)". The Strata One Program, of Faculty of Teacher Training and Education Pancasakti University Tegal.
Key Words : Picture Media, Teaching Writing
The objective of this research is to get information about The Effectiveness of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011)". The population of this research is all of the seven class with the number of population consist of 224 students.
The writer uses random sampling technique to choose the sample of study. The number of the samples are 60 students, and the writer divided that sample into two groups, that is 30 students who are taught by using picture media as the experiment group ( I ) and 30 students who are taught by without using picture media as control group ( II ).
Based on the theory and logical frame work the research hypothesis is proposed as follows " There is effective of of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011)".
The writer use a written test as the instrument of the research. Consists of 20 items in multiple choice types with four options. The test needs fourty five minutes to do. To know the validity and the reliability of the instrument, the writer had tried out by giving a test to 20 students having the same competence with the sample of study.
The result of descriptive analysis shows that on the level of significance is five percent (5%) and free degree is 58, the result of t-test is 4,324 and t-table 2,000, so the result of t-test is higher than t-table (4,324>2,000).
Thus the conclusion of the research is "There is a difference in students' writing skills significantly between students who are taught to write using the picture media with students who are taught to write without the use of picture media".
English :
NURSANTI, IDA. 2011. 1606501431. " The Effectiveness of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011). Skripsi.Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Media Gambar, Pengajaran Menulis
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas media gambar dalam pengajaran menulis bahasa Inggris pada siswa kelas VII semester I di SMP Negeri 17 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 224 siswa.
Penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sample penelitian yang berjumlah 60 siswa, dimana penulis membagi sample tersebut menjadi 2 kelompok sample, yaitu 30 siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar sebagai kelompok kontrol.
Berdasarkan landasan teori dalam kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : " Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar
Penulis menggunakan test tertulis berisi tes bahasa Inggris sebagai instrument penelitian. Bentuk test adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal 20. Alokasi waktu untuk mengerjakan test tersebut adalah 45 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas penulis menguji instrument test tersebut dengan memberikan test kepada 20 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi lima persen (5 %) dan derajat kebebasan 58, diperoleh hasil t-hitung 4,324 dan t-tabel 2,000 jadi hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,324 >2,000)
Jadi dapat disimpulkan bahwa "Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar".
9222011KI49 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain