2,000). Thus the conclusion of the research is "There is a difference in students' writing skills significantly between students who are taught to write using the picture media with students who are taught to write without the use of picture media". English : NURSANTI, IDA. 2011. 1606501431. " The Effectiveness of Picture Media in the Teaching of Writing for Students of Seconds School Grade of SMP 17 Tegal (An Experimental Research in SMP N 17 Tegal in Academic Year 2010 / 2011). Skripsi.Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci : Media Gambar, Pengajaran Menulis Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas media gambar dalam pengajaran menulis bahasa Inggris pada siswa kelas VII semester I di SMP Negeri 17 Kota Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 224 siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sample penelitian yang berjumlah 60 siswa, dimana penulis membagi sample tersebut menjadi 2 kelompok sample, yaitu 30 siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan landasan teori dalam kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : " Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar Penulis menggunakan test tertulis berisi tes bahasa Inggris sebagai instrument penelitian. Bentuk test adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal 20. Alokasi waktu untuk mengerjakan test tersebut adalah 45 menit. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas penulis menguji instrument test tersebut dengan memberikan test kepada 20 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi lima persen (5 %) dan derajat kebebasan 58, diperoleh hasil t-hitung 4,324 dan t-tabel 2,000 jadi hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,324 >2,000) Jadi dapat disimpulkan bahwa "Terdapat perbedaan pada kemampuan menulis siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menulis menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar menulis tanpa menggunakan media gambar"." />