Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Menggunakan Alat Peraga berupa gambar dan Bangun Sisi Lengkung (Suatu Studi penelitian Siswa Kelas VIII Semester II SMP N
Indonesia :
SLAMET TRIYANTO, 2010, Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Menggunakan Alat Peraga berupa gambar dan Bangun Sisi Lengkung Penguji I Drs. Ponoharjo, M.Pd, Penguji II A. Nina Rosana C, M.Si (Suatu Studi penelitian Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 05 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010).
Kata Kunci : Pembelajaran, Matematika Realistik, Prestasi Belajar.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika realistik (RME) dengan media alat peraga dan siswa yang menggunakan mode pembelajaran konvensional dengan media alat peraga ? jika ada perbedaan model pembelajaran mana yang lebih baik?.
Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Semester II SMP Negeri 05 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan populasi sampel 200 siswa dan mengambil sampel penelitian sejumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa yang diberi model pembeajaran matematika realistik (RME) dengan media alat peraga dan 40 siswa diberi model pembelajaran konvensional dengan media alat peraga. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tes. Hipotesis diuji menggunakan rumus t-test.
Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian pada pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 05 Brebes, yaitu hasil perhitungan hipotesis ke-1 menggunakan t-test diperoleh nilai t = 3,13 dan t = 1,99 yang dapat diartikan bahwa t > t yaitu ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika realistik (RME) dengan media alat peraga dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan media alat peraga. Hasil perhitungan hipotesis ke-2 menggunakan t-test diperoleh nilai t = 3,13 dan t = 1,67 yang dapat diartikan bahwa t > t yaitu model pembelajaran matematika realistik (RME) alat peraga lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan media alat peraga.
Guru Matematika hendaknya dalam menyampaikan materi pelajaran tidak hanya dengan menggunakan model pembelajaran manual saja akan tetapi dapat menggunakan model pembelajaran matematika realistik (RME) dengan media alat peraga untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.
English :
SLAMET TRIYANTO, 2010, The influence of realistic mathematic learning toward mathematic achievement in curved side shape subject by using picture and curved side as audiovisual aid. First Advisor Drs. Ponoharjo, M.Pd, Second Advisor A. Nina Rosana C, M.Si ( A research study of the eighth grade students semester II state junior high school 05 Brebes in the academic 2009/2010).
Key word : Learning, Realistic Mathematic, Achievement.
Principal troubleshoot that is formulated in this watchfulness that is : is there difference significant accomplishment learn mathematics between student that use mathematics study model realistic (RME) with boaster tool media and student that use conventional study fashion with boaster tool media? if there which study model difference better?
This watchfulness is done at class VIII semester II junior high school country 05 brebes school year 2009/2010 with sample population 200 students and take watchfulness sample amount of 80 students that consist of 40 students that given model pembeajaran mathematics realistik (RME) with boaster tool media and 40 students is given conventional study model with boaster tool media. Method that used to gather data that is test method. Hypothesis is tested to use formula t-test.
Conclusion that can be proposed from watchfulness result in class student mathematics study VIII junior high school country 05 brebes, that is hypothesis calculation result first use t-test got value t = 3,13 dan t = 1,99 deciphrable that t > t that is there difference significant accomplishment learns mathematics between student that use mathematics study model realistic (RME) with boaster tool media and student that use conventional study model with boaster tool media. hypothesis calculation result second use t-test got value t = 3,13 end t = 1,67 deciphrable that t > t that is mathematics study model realistik (rme) boaster tool better from conventional study model with boaster tool media
Mathematics teacher should in will submit lesson matter not only by using study model manual but can use mathematics study model realistic (RME) with boaster tool media to increase accomplishment learn
1022011KI8 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain