Skripsi
Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam Pengajaran Materi Sinopsis Novel Remaja Indonesia pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
HARWIN FITRIANINGSIH. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dalam Pengajaran Materi Sinopsis Novel Remaja Indonesia pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. FKIP. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum.
Kata Kunci : pembelajaran, kooperatif, rotating trio exchange, sinopsis.
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran, aktifitas siswa serta kendala-kendala dalam pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange dalam materi sinopsis novel Indonesia pada siswa kelas VIII semester I di SMP Negeri 1 Talang, Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian dilakukan dengan mengambil subjek siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 39 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Metode yang diguna`kan untuk menganalisis data penelitian ini adalah metode statistik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dalam pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange materi sinopsis novel remaja Indonesia pada siswa kelas VIII E semester I di SMP Negeri 1 Talang, Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2010/2011 (1) proses kegiatan pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan nilai persen sebesar 88,75 %, (2) aktifitas siswa termasuk kategori baik dengan nilai persen aktifitas siswa sebesar 77,94 %, serta (3) kendala-kendala sebagain besar bersumber pada aktifitas siswa dan kinerja guru. Kendala yang dialami siswa antara lain (a) siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange, (b) beberapa siswa tidak aktif dalam kerja kelompok, (c) bahasa yang digunakan siswa dalam membuat sinopsis masih kurang baku, (d) presentase dan pembahasan hasil diskusi, masih didominasi oleh siswa-siswa tertentu yang aktif, (e) siswa belum ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan pelajaran atau stimulus yang telah diberikan oleh guru serta (f) minimnya buku pegangan yang dimiliki siswa. Kendala yang dialami guru antara lain (a) guru belum memaksimalkan alokasi waktu yang tersedia, (b) guru kurang maksimal memanfaatkan media pembelajaran, dan (c) guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam merefleksi dan membuat rangkuman.
1022011KI26 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain