Skripsi
Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Warurejo" Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2010 - 2011
Indonesia :
Elok Prihatiningtyas. 2010. NPM : 1507500888. Judul Skripsi "Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Warurejo ". Kabupaten Tegal
Tahun Pelajaran 2010 - 2011 Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd., Pembimbing II : Sutji Muljani, S.S., M.Hum.
Kata Kunci : kesalahan, ejaan, karangan
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kesalahan ejaan di dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warurejo, dan (2) Mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan EYD yang banyak terdapat di dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Warurejo.
Untuk mencapai tujuan itu digunakan Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas VIII SMP Negeri I Warurejo Kabupaten Tegal yang terdiri atas delapan kelas dijadikan sebagai sumber data. Kalimat-kalimat yang terdapat di dalam karangan siswa digunakan sebagai data penelitian, karena keslahan ejaan ditemukan dalam kalimat tersebut. Pengumpulan datanya dilakukan melalui tes membuat karangan dan observasi atau pengamatan. Tes dilakukan pada siswa dengan mengarang karangan secara bebas, sedangkan observasi atau pengamatan dilakukan terhadap hasil tulisan para siswa selain dari tes mengarang. Setelah data terkumpul, penulis menganalisis data secara kualitatif deskriptif berdasarkan analisis kesalahan. Analisis data dilakukan melalui dua tahapan, yaitu : penyuntingan (editing) dan perbaikan (revisi). Langkah-langkah yang ditempuh dalam analisis adalah sebagai berikut : (1) Mengamati tulisan atau karangan siswa secara cermat, (2) menandai kesalahan ejaan yang ditemukan, (3)mengelompokkan kesalahan berdasarkan jenis dan karakteristiknya, dan (4) melakukan perbaikan temuan kesalahan sesuai dengan EYD.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kesalahan ejaan banyak dilakukan oleh siswa dalam mengarang. Kesalahan ejaan tersebut tidak pada semua aspek dalam ejaan. Kesalahan ejaan yang terdapat di dalam karangan siswa mencakup empat aspek, yaitu : (1) Kesalahan penulisan huruf besar dan huruf kecil : 29, 1 %, (2) kesalahan penggunaan tanda baca : 29, 1 %, (3) kesalahan penulisan kata : 23,6 %, dan (4) kesalahan pemenggalan kata : 15,6 %.
Penelitian ini hanya dilakukan pada salah satu sekolah di SMP, yaitu di SMP Negeri 1 Warurejo Kabupaten Tegal. Oleh sebab itu bagi para peneliti bahasa, penelitian ini dapat dikembangkan ke sekolah-sekolah yang lain. Di samping itu, penelitian ini pun tidak mengkaji dari semua aspek bahasa, sehingga dapat dikembangkan dengan aspek yang lain. Karangan siswa dapat dikaji dari segi diksi, kalimat, dan dari kemampuannya mengembangkan paragraf. Dengan demikian, penelitian ini belumlah dapat dianggap tuntas. Dalam arti tidak menjangkau semua aspek bahasa dalam karangan.
English :
Elok Prihatiningtyas. 2011. NPM : 1507500888. " A Thesis entitik " The spelling misfakes in The students " Composition on The Eigh grade of SMP Negeri 1 Warurejo in the 2010 - 2011 academic year ". First guide : Drs. Bowo Hermaji , M.Pd ., the second guide : Sutji Muljani,S.S., M.Hum.
Key word : Mistake, spelling, composition
This reseach is make (1) to describe the spelling mistakes in the students composition on
The Eight grade of SMP Negeri I Warurejo, and (2) To describe many kids of EYD mistakes
Which is found in the students composition on the eight grade of SMP Negeri I Warurejo.
To reach that purpose it uses an approach, the approach of this research is Qualitative
Descriptive approch. As Data source in this reseach is The students composition on the eight
Grade of SMP Negeri I Warurejo Kabupaten Tegal which consists of eight classes as data source
The sentences which is found in the students ' composition is used as reseach data, Because of
The spelling mistakes is found in the sentences. Colleeting its data is done through a test make
The composition and observasion. The lest is done by the students with coposing freely, whereas
Observation is done toward result of the students' writing analysis data qualifative and descriptive based on mistakes' analysis. Data analysis is done through two steps, ie : Editing and
Revising. The sleps which is take in analysing are as follows : (1) observing the students' composition or writing carefully. (2) signing the spelling mistakes which is found. (3) Classif ying mistakes based on their kinds and characteristics and (4) Doing Revision in fending mistakes is accordanced by EYD.
Based on the result of the research can be coneluded that many spelling mistakes is made
By the students in writing. The spelling mistakes are not all aspects in spelling. The spelling mistakes which is found in the students ' composition consists of four aspects, these are :
(1) the mistakes in writing capital leter, lower case letter : 29,1 %
(2) the mistakes in using punctuation mark : 29,1 %
(3) the mistakes in writing word : 26,2 %
(4) the mistakes in syllabification : 15,6 %
This research is only done in one of the school in SMP Negeri I Warurejo Kabupaten Tegal.
there fone to language researchers. This research can be developed to others school. Beside that,
it does not study all language aspeets, so it can be developed with other aspects. The students'
composition can be learned from diction, sentences and from the skill to develop paragraphs.
This, it can not be consider completed. It means it does not take all of language aspects in the composition.
1022011KI31 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain