Skripsi
Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Deskripsi dengan Teknik Pertanyaan Pancingan Pada Siswa Kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun 2010 / 2011
Indonesia :
VERAWATI, MEY LINDA. NPM 1507500777, Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Deskripsi Dengan Teknik Pertanyaan Pancingan Pada Siswa Kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : menulis wacana deskripsi, pertanyaan pancingan.
Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah 1) Mengapa kemampuan keterampilan menulis wacana deskripsi siswa kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru masih rendah?; 2) Bagaimanakah kemampuan keterampilan menulis wacana deskripsi siswa kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru setelah menggunakan teknik pertanyaan pancingan?; 3) Bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis wacana deskripsi dengan teknik pertanyaan pancingan?. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan penyebab rendahnya kemampuan menulis wacana deskripsi siswa kelas IX SMP Ma'ARIF NU Dukuhwaru; 2) Mendeskripsikan kemampuan keterampilan menulis wacana deskripsi siswa kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru setelah menggunakan teknik pertanyaan pancingan; 3) Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis wacana deskripsi dengan menggunakan teknik pertanyaan pancingan.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang hanya dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2010 / 2011 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu : 1) variabel input yaitu siswa, guru, bahan pelajaran, sumber belajar, prosedur evaluasi dalam pembelajaran menulis wacana deskripsi dengan menggunakan teknik pertanyaan pancingan; 2) variabel proses yaitu kegiatan belajar mengajar pembelajaran menulis wacana deskripsi dengan menggunakan teknik pertanyaan pancingan; 3) variabel output yaitu keberhasilan siswa dalam pembelajaran wacana deskripsi dengan menggunakan teknik pertanyaan pancingan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, jurnal dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan menulis wacana deskripsi masih rendah. Kemampuan keterampilan menulis wacana deskripsi siswa kelas IX SMP Ma'arif NU Dukuhwaru setelah menggunakan teknik pertanyaan pancingan mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes menulis wacana deskripsi dengan kriteria sangat baik. Perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah menggunakan teknik pertanyaan pancingan yaitu siswa lebih termotivasi untuk lebih aktif mengikuti proses pembelajaran khususnya pada materi pokok menulis wacana deskripsi.
English :
VERAWATI, MEY LINDA. NPM 1507500777, Skills Improvement Writing Discourse Description With Inducement Question of Ninth Class Student of SMP NU Ma'arif Dukuhwaru Tegal Regency Academic Year 2010 / 2011. Program The Study of Language Education, Art of Indonesia and Area, Faculity of Language and Arts Education Pancasakti University Tegal.
Keywords : Writing Discourse Descriptions, Question of Inducement.
Problems to be studied at this research are 1) Why is the ability of writing discourse description skills of ninth class student of SMP Ma'arif NU Dukuhwaru still low?; 2) How is the ability of writing discourse descriptions skills of ninth class student of SMP Ma'arif NU Dukuhwaru after using inducement question technique?; 3) How are the changes of attitudes and behavior of students after obtaining the writing discourse description learning with questions of inducement technique ?. In accordance with the formulation of the problems mentioned above, this research aims : 1) Describe the causes of low ability of writing discourse description of SMP Ma'arif NU Dukuhwaru students; 2) Describe the capability of writing discourse description skills of SMP Ma'arif NU Dukuhwaru students after use techniquel questions of inducement; 3) Describe the change in attitude and behavior of students after obtaining the writing discourse description of learning by using techniques question of inducement.
Design research that used for the class action research only done in two cycles. Subjects of this research is the ninth class SMP Ma'arif NU Dukuhwaru student in the academic year 2010 / 2011 as much as 35 students. This research use three variables, there are : 1) Input variable namely students, teachers, teaching materials, learning resources, learning evaluation procedure in writing discourse descriptions by using techniques of inducement question, 2) Processing variable that is teaching and learning process of learning to writing discourse description by using technique questions inducement; 3) Output variable is the success of students in the learning discourse descriptions by using the technique question of inducement. Data collection techniques using tests, observations, journals and interviews.
The results showed that the ability of the writing discourse description skills are still low. Skills Ability to writing discourse description of ninth class SMP Ma'arif NU Dukuhwaru students after using the technique of inducement question has increased based on test results writing discourse description with the criteria very well. Changes in attitudes and behavior of students after using the technique inducement questions that students are more motivated to be more active in participating in the learning process, especially on the subject matter to writing discourse description.
1022011KI36 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain