Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2010-2011)
Indonesia :
AMAD DAROJI.2011. Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Tahun Pelajaran 2010-2011). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Drs. Sukoco, KW. Suriswo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Contextual Teaching Learning, prestasi belajar
Rumusan masalah penelitian 'apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010-2011.
Setting penelitian tindakan kelas di Sekolah Dasar Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Penentuan subyek yang diteliti adalah siswa kelas V, populasi . Faktor yang diteliti hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Instrumen penelitain soal tes tertulis, lembar kegiatan siswa dan observasi kinerja siswa. Siklus penelitian dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Penjaskes dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Bahaya merokok dan minuman keras pada mata pelajaran Penjaskes siswa kelas V dan VI SD Negeri Ketileng 1 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 78,05 % dengan nilai rata-rata 66,95. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 87,80 % dengan nilai rata-rata 73,78. Sedangkan hasil penilaian afektif dan psikomotorik pada siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9 % dan siklus II meningkat menjadi 87,8 %.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Penjaskes meliputi pada siklus I skor yang diperoleh adalah sebesar 26 dengan kategori baik. Hasil pembelajaran termasuk dalam kategori cukup, sedangkan aktivitas menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok masih dalam kategori kurang. Kekurangan yang ada pada siklus I diperbaiki dalam siklus II. Perolehan skor aktivitas pada siklus II meningkat menjadi 33 dengan kategori amat baik. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Penjaskes siswa Sekolah Dasar melalui penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah meliputi langkah-langkah yang sistematis yaitu meneliti secara singkat, membuat daftar pertanyaan, membaca, memahami, dan meninjau ulang. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Penjaskes disertai dengan praktek olah raga sehingga meningkatkan kondisi tubuh yang sehat bagi para siswa baik secara kelompok ataupun individual.
Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran Penjaskes pokok bahasan Bahaya Merokok dan Minuman Keras dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) utamanya pada perbedaan kondisi phisik di samping kemampuan, kecerdasan dan daya tangkap masing-masing siswa sehingga perlu strategi dan kesabaran guru, terhadap siswa yang kurang pandai dan kondisi fisik yang kurang sehat.
English :
AMAD DAROJI.2011. The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) As Effort to Improve Student Achievement (Classroom Action Research in Fifth Class at Elementary School Ketileng 1 Kramat Academic Year 2010-2011). Thesis. Guidance and Counseling. Drs. Sukoco, KW. Suriswo, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education University Pancasakti Tegal.
Keywords: Contextual Teaching and Learning, achievement.
The Contextual Teaching and Learning ( CTL) is one approach and the concept of learning that help teachers to link between the material taught with real-world situations students and encourage students to make connections between the knowledge possessed by application in their lives as family members and the community.
The formulation of the problem of 'whether learning Contextual Teaching and Learning (CTL) can increase student achievement Fifth Class at Elementary School Ketileng 1 Kramat Tegal Academic Year 2010-2011?. The purpose of the study to determine the effectiveness of learning CTL to improve student achievement.
The Classroom action research setting in elementary School Ketileng 1 Kramat Tegal. Subjects who studied students in grade VI. Factors that investigated student learning outcomes and student activity in learning. The Instruments of research is question written test, student activity sheets and observation of performance of students. The cycle of research done 2 cycles and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection.
The implementation (CTL) in the subjects of physical education sport and health
have been improve to student learning outcomes, especially on the subject of smoking and alcohol dangers in subjects. In the first cycle mastery learning classical = 78.05% average value 66.95. In the second cycle mastery learning classical = 87.80%, the average value of 73.78. While the affective and psychomotor assessment results in the first cycle classical learning completeness = 65.9% and cycle II = 87.8%.
The students in the learning activity cycle I scored 26 with either category. The result of category learning enough, while the activity to answer questions through the discussion group categories very good.
The steps taken to improve learning of physical education sport and health outcomes. The primary school students through the application of CTL is examined briefly, making a list of questions, read, understand, and review. CTL Learning in PE subjects along with sports practices that improve the condition of a healthy body for students either in groups or individually. Barriers to lessons on the difference in physical condition in addition to ability, intelligence so that the necessary strategy and patience of teachers, to overcome the barriers these students.
1022011KI38 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain