Skripsi
Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Suatu Penelitian pada Kelas VIII MTs Filial At-Taqwa Gembongdadi, Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 )
Indonesia :
ACHMAD SUKRON MAMUN.NPM.1706500982.''Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa'' ( Suatu Penelitian pada siswa kelas VIII Mts Filial At-taqwa Gembongdadi, Suradadi Tegal Tahun 2009/2010). Sripsi. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. M. Shaefur Rohman, M.Si.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran CTL, Kemampuan awal, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya pengaruh dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajarnya pada kelas VIII semester II MTs Filial At-taqwa Gembongdadi Suradadi.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di MTs Filial At-taqwa Gembongdadi Kabupaten Tegal dengan jumlah 120 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (dengan pendekatan pembelajaran CTL) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (dengan pendekatan konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan numerik dan tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji analisis kovarian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi dari kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Pada siswi kelas VIII MTs Filial At-taqwa Gembongdadi Tahun pelajaran 2009/2010.
English :
ACHMAD Sukron MAMUN.NPM.1706500982. ''Effectieness Learning Approach Contextual Teaching and Learning on Student Achievement''(A study on class VIII At-taqwa Mts Filial Gembongdadi, Suradadi Tegal Year 2009/2010).A thesis.Mathematics education.Dr. Purwo Susongko, M.Pd.M. Shaefur Rohman, M. Si.Teacher Faculty and Education. University of Pancasakti Tegal
Keywords: Learning Approaches CTL, initial capability, Learning Achievement
This study aims to determine the difference in math achievement between the classroom learning approach with classroom learning CTL using the conventional approach. This research was also to determine the influence of early ability students toward academic achievement at the eighth grade second semester MTs Filial Gembongdadi Suradadi At-taqwa.
The population of this study is the eighth grade school year 2009/2010 in MTs Filial At-taqwa Gembongdadi Tegal regency with a total 120 students are divided into 3 classes. The research sample was taken by cluster random sampling. Classes taken as samples there are 2 classes with a total sample of 40 students for each class. The class is taken as a class VIII A class experiment (with the learning approach CTL) and class VIII B as the control class (with the conventional approach). The research instrument used is the numerical ability test and test evaluation study. To test the validity and reliability of instruments, instrument diteskan prior to the 40 students who have the same capabilities with this research sample. Data analysis for this study using analysis of covariance test.
The results showed that the 5% significance level there are differences in math achievement between the classroom learning approach with classroom learning CTL using the conventional approach. From the results, it can be concluded that the achievement of learning math class using CTL approach is higher than the class that the lesson using the conventional approach. In the eighth grade student MTs Filial At-taqwa Gembongdadi school year 2009/2010.
1022011KI50 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain