Skripsi
The Use of Picture Media in Teaching English to Increase The Students Vocabulary Skill (An action research at third grade of Muhammadiyah Elementary School Brebes in Academic Year 2010/2011)
Indonesia :
NURJANAH, 2011. "Penelitian Tindakan Kelas tentang : Penggunaan Media gambar dalam mengajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. (Sebuah penelitian pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Brebes tahun pelajaran 2010/2011) Drs. H. Rofiudin, M.Hum., H. Sumartono, S.Pd. Skripsi Program Strata I Fakultas Keguruan daro Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Media gambar, Kemampuan kosa kata
Pengajara Bahasa Inggris untuk anak-anak adalah lebih dari pengajaran bahasa saja. Pengembangan pengetahuan pada siswa juga diperhatikan. Oleh karena itu proses belajar mengajar harus bermakna dan menarik. Untuk memenuhi aspek tersebut, guru menyiapkan media dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah media gambar.
Penelitian tindakan adalah bercirikan sebagai sistem penelitian yang kolektif, kolaboratif, refleksi sendiri, kritik dan pemahaman oleh partisipan pada penelitian.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah memberikan informasi tentang penggunaan media gambar pada pengajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan kota-kota pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Brebes.
Berdasarkan pada landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis penelitian ini adalah proses belajar mengajar menggunakan media gambar dapat meningkatkan kosakata yang baik pada siswa.
Obyek pada penelitian ini adalah para siswa di SD Muhammadiyah Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Penulis mengambil populasi dan sampel 20 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Ada empat siklus dalam penelitian tindakan kelas ini. Guru mengadakan pre test sebelum pelaksanaan siklus pertama.
Metode analisa data pada PTK ini adalah test hasil belajar Bahasa Inggris. Peneliti mengadakan pre test setelah setiap akhir siklus berakhir. Pada pelaksanaan pre test siswa memperoleh nilai rata-rata 50,3 dan pada siklus pertama siswa memperoleh nilai rata-rata 64,0 siklus ke dua siswa memperoleh rata-rata 68,5, siklus ke tiga siswa memperoleh nilai rata-rata 75,5, pada siklus ke empat siswa memperoleh nilai rata-rata 78,0, itu menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini adalah benar.
Penulis menyimpulkan bahwa proses belajar mengajar menggunakan media gambar akan meningkatkan kemampuan kosa kata yang baik pada siswa.
English :
NURJANAH, 2011, "A classroom Action Research about : The Use of Picture Media in teaching English to increase the students vocabulary skill ( An action research at third grade of Muhammadiyah Elementary School Brebes in Academic Year 2010/2011)". Drs. H. Rofiudin, M.Hum., H. Sumartono, S.Pd. Thesis Strata 1 Program of Teacher Training and Education Faculty Pancasakti University Tegal.
Key Words : Picture Media, Vocabulary Skill
Teaching English to children is more than merely teaching the language. The cognitive Development of students are also taken in account. There fore teaching learning process should be meaning ful, involving and interesting. For Full Fill that aspect, the teacher provides media of teaching learning process. It's one of picture media.
An action research is charaterized as systematic inqury that is collective, collaborative, self reflective, critical, and undertaken by the participants of the in quiry.
The objective of this classroom action research gives information about the using picture media in teaching English to increase the students vocabulary skill at third grade of Muhammadiyah Elementary School Brebes.
Based on the theoreical foundation and frame of thingking, the hypothesis of the research is the teaching learning process by using picture will be increase vocabulary mastery of the students.
The population and sample of this research at third grade of Muhammdiyah Elementary School Brebes, in academic year 2010/2011. The writer takes 20 students, the class consists of 9 male students and 11 female students.
There are four cycles in this classroom action research. The teacher conducts pre test, before cycle 1.
The data analysis method of this research is English learning result test. The reseacher conducts pre test and test after every cycle finish. The pre test, students get average score is 50,3 and the cycle 1 the students get average is 64,0 the cycle 2 the students get average is 68,4, the cycle 3 the students get average is 75,5 the cycle 4 the students average is 78,0. It proved that of this research hypothesis is true.
The writer concludes that. "The teaching learning process using picture media will be increase vocabulary mastery of the students".
1122011KI7 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain