Skripsi
Efektifitas Pemberian tugas melalui pendekatan Inquiry Terhadap Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Peubah Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMK Gatra Praja Pekalongan Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Indonesia :
INDAH MURNI. 2011. Efektifitas Pemberian Tugas Melalui Pendekatan Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Peubah Pada Siswa Kelas X Semester I SMK Gatra Praja Pekalongan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Pendidikan Matematika. M Shaefur Rokhman, M. Si. Drs. Yuli Witanto. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pemberian Tugas, Pendekatan Inquiry, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang diajar melalui pemberian tugas dengan pendekatan inquiry dengan metode mengajar konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui manakah yang terbaik antara pemberian tugas dengan metode konvensional. terhadap prestasi belajarnya pada kelas X semester I SMK Gatra Praja Pekalongan.
Populasi penelitian ini adalah kelas X tahun pelajaran 2010/2011 di SMK Gatra Praja Pekalongan dengan jumlah 219 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas I AP 1 sebagai kelas eksperimen (pendekatan inquiry) dan kelas I AK 1 sebagai kelas kontrol (metode konvensional).
Setelah kelas eksperimen diberi tugas dengan pendekatan inquiry dan kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional, kedua kelas diberi soal tes materi sistem persamaan linier dengan dua peubah. Dari nilai tes prestasi belajar matematika kemudian dilakukan analisa tahap akhir. Berdasarkan uji kesetaraan sampel diperoleh nilai thitung = 34,501 dan t (? / 2,v ) ; t ( 0,025 ; 78 ) = 1,96. Jadi, t berada pada daerah penolakan H0. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi pada kelas eksperimen tidak sama dengan rata-rata nilai tes prestasi kelas kontrol. Karena terdapat perbedaan maka dilakukan uji - t pihak kanan diperoleh t_hit?t_((1-?) ) dapat disimpulkan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pemberian tugas dengan pendekatan inquiry lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan metode konvensional pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua peubah.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan pembelajaran pemberian tugas dengan pendekatan inquiry dirasa mempunyai efektifitas yang lebih dibanding metode konvensional.
English :
INDAH MURNI. 2010. Efektifitas administration tasks through the inquiry approach to learning mathematics achievement of material with a variable linier equation system in the first semester of class X students of SMK Gatra Praja Pekalongan 2010 / 2011. Mathematics education M. Shaefur Rokhman, M. Si Drs. Yuli Witanto Faculty of teacher training and science education University Pancasakti Tegal.
Keyword: Giving a tasks, Approach inquiry, Learning achievement
This study aims to determine the difference in math learning achievement between the classroom and are taught by the method of assignment to the inquiry approach to teaching methods convensional. This research was also to find out where the best among the methods of the task with convensional teaching methods. On academic achievement in first semester of class X SMK Gatra Praja Pekalongan.
The population is class X in the 2010 / 2011 school year of SMK Gatra Praja Pekalongan with 219 students, divided into 5 classes. The research sample was taken by cluster sampling. Classes are taken as samples there are 2 classes with a total sample of 40 students for each class. Classes that are taken is class I AP 1 as a class experiment with the inquiry learning methods and class I AK 1 as a control class with methods convensional.
After the experiment class is given that task by using inquiry and in control class given the convensional learning in control classes, both classes were given the test in a linear equation system with two modifiers. From learning math achievement test scores and then performed the final stages of analysis. Based on the equivalence sample test obtained value t = 34,501 and t = ( ? / 2, v ) ; t ( 0,025; 78 )
= 1,96. So that -t in the rejecting H0 area. It's as conclusion that average score of experiment class different with control class. Coused there are differences so -t test is done, right part get t_hit?t_((1-?) ) it shows students' achievement who teached. By giving a task through inquiry approach is better than the students' achievement who teached by convensional approach a variable linier equation system.
Based on the result of analysis above. It shows the learning by giving a task, through inquiry approach has more affective than convensional.
1122011KI10 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain