Skripsi
PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR DI YAMAHA AGUNG MOTOR PAGONGAN
Muhammad Mifzal. Pengaruh Biaya Periklanan terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor di Yamaha Agung Motor Pagongan. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan Sepeda Motor pada Yamaha Agung Motor Pagongan.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier, uji signifikan koefisien regresi, uji koefisien korelasi, uji signifikansi koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, estimasi model regresi linier sederhana antara variabel biaya periklanan (X) dengan volume penjualan (Y) diperoleh persamaan Y = -0,018 + 2,22 X. Dengan kata lain, makna dari persamaan di atas yaitu konstanta sebesar -0,018 menyatakan bahwa jika biaya periklanan tidak ada, maka volume penjualan turun sebesar 0,018 unit. Dengan kata lain jika tidak ada tambahan biaya periklanan, maka volume penjualan yang diperoleh oleh Yamaha Agung Motor menurun 0,018 unit. Koefisien regresi sebesar 2,22 menyatakan bahwa setiap penambahan satu rupiah biaya periklanan akan meningkatkan volume penjualan sebesar 2,22 unit. Dari hasil perhitungan didapat nilai standardized coefficient beta sebesar 0,583, dengan probabilitas nilai sig sebesar 0,000. Nilai sig 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan terhadap volume penjualan di Yamaha Agung Motor Tegal. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai (r) sebesar 0,583. Artinya terdapat hubungan yang sedang antara biaya periklanan dengan volume penjualan. Sifat hubungannya adalah positif sedang. Dikatakan hubungannya sedang, karena nilai 0,583 berada pada nilai interpretasi 0,400 - 0,599 (kategori tingkat hubungan yang sedang).Dari hasil perhitungan ternyata diperoleh thitung = 5,463, sedangkan ttabel dengan level of significance (?) = 5% dan derajat kebebasan (df) = 60 - 2 atau (60 - 2) = 58 menunjukkan ttabel = 2,00, sehingga di dapat (thitung > ttabel). Dari hasil perhitungan juga diketahui nilai sig = 0,000 < 0,005 dengan demikian Ho ditolak berarti terdapat hubungan yang signifikan antara biaya periklanan dengan volume penjualan. Besarnya r2 berdasarkan analisis komputasi dengan program SPSS For Windows release 13 yaitu sebesar 0,340. Dengan demikian berarti total variasi volume penjualan yang dijelaskan model hubungan antara variabel volume penjualan dengan variabel biaya periklanan adalah sebesar 34 % sedangkan 66 % oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan.
ABSTRACT
Muhammad Mifzal. The Influence of Advertising Costs to Sales Volume in Yamaha Agung Motor Pagongan. Thesis. Faculty of Economics, Pancasakti University Tegal. 2011.
The purpose of this study was to determine the effect of advertising cost of sales volume on the Yamaha Agung Motor Pagongan.
Data collection method used in this research is method of interview, and documentation. The method is a method of analysis used linear regression analysis, significant test of regression coefficient, correlation coefficient test, correlation coefficient significance test, and test the coefficient of determination.
Based on calculations, the estimated simple linear regression model between the variable cost of advertising (X) with sales volume (Y) obtained by the equation Y = -0.018 + 2.22 X. In other words, the meaning of the above equation is constant at -0.018 stated that if the cost of advertising does not exist, then the volume of sales decreased by 0.018 units. In other words if there are no additional costs of advertising, the sales volume obtained by the Yamaha Agung Motor declined 0.018 units. Regression coefficient of 2.22 states that any addition of a dollar cost of advertising will increase sales volume amounted to 2.22 units. The research result shows the value of standardized beta coefficient of 0.583, with a probability value of 0.000 sig. Sig 0.000 <0.05 thus Ho was rejected, which means a significant difference between the cost of advertising on sales volume in the Yamaha Agung Motor Tegal. From the calculation results obtained value (r) of 0.583. This means that there is a relationship that is between the cost of advertising with sales volume. The nature of the relationship is positive medium. It says to do is, because the value of 0.583 is in the interpretation value from 0.400 to 0.599 (medium level category links). From the calculation was obtained t count = 5.463, whereas the level of significance ttable (?) = 5% and degrees of freedom (df) = 60-2 or (60-2) = 58 shows ttable = 2.00, so that in the can (tcount> ttable). From the calculation, also known sig = 0,000 <0,005 thus Ho was rejected which means that there is a significant correlation between the cost of advertising with sales volume. R2 amount based on computational analysis using SPSS for windows release 13 that amounted to 0.340. Thus the mean total sales volume variation model described the relationship between sales volume variable with variable advertising costs amounted to 34% while 66% by other factors that can not be explained.
1122011KI14 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain