Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011)
Indonesia :
CHOTIMAH, CHUSNUL. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Pendidikan Matematika. Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., Dra. Eleonora D. W, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing, Minat, Hasil Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dan minat belajar efektif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok sistem pesamaan linier dua variabel.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing. Pengambilan data dengan dokumentasi, angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan anava 2 dua arah dengan interaksi desain faktorial 2x2 serta uji penentu menggunakan uji benferoni.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing memperoleh hasil yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, siswa yang mempunyai minat tinggi akan memperoleh hasil yang lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai minat rendah, sehingga ada pengaruh tingkat minat dan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian siswa yang mempunyai minat tinggi dan mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing mempunyai hasil lebih tinggi dibandingkan dengan tipe interaksi pembelajaran lainnya pada penelitian ini.
English :
Chotimah, Chusnul. 2011. Effectiveness of Learning Model Type Post Solution Posing Problem Posing And Interest Learning On The Learning Math Results (Research Study on Student Class VIII Semester I SMP Negeri 2 Bulakamba Brebes Academic Year 2010/2011). Skripsi. Mathematics Education. Prof. Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si., Dra. Eleonora D. W, M. Pd. Faculty of Teacher Training and Science. University Pancasakti Tegal.
Keyword : Effectiveness, Learning Model Problem Posing Type Post Solution Posing, Interest, Learning Mathematics Results.
This study aims to determine whether the learning model type Post Solution Posing Problem Posing and effective learning interest in learning math the Class VIII Semester I SMP Negeri 2 Bulakamba Brebes 2010/2011 school year on the subject matter Equality linier system of two variables.
The population in this study were all student of class VIII SMP Negeri 2 Bulakamba Brebes. Sampling was conducted by random cluster sampling technique, ie by selecting the two experimental classes and two control classes. The variable in this study is the result of learning mathematics as a result of learning with and without using the learning model type Post Solution Posing Problem Posing. Retrieving data with documentation, questionnaire, and test methods. And data processing using 2 Anova with 2x2 factorial design interactions and determinants of test use benferoni test.
The research concluded that students who have learning with the learning model type Post Solution Posing Problem Posing obtain higher yield than students who received conventional learning, students who have high interest to obtain a higher result than students who have low interest, so that there is influence interest rates and learning model of student learning outcomes. Thus, students who have high interest and get learning with the learning model type Post Solution Posing Problem Posing have higher yields than other types of learning interactions in this study.
1422011KI35 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain