Skripsi
Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011)
Indonesia :
SUNENDRO.2011. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011). Bimbingan dan Konseling. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Suriswo, M.Pd.Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Bimbingan kelompok metode diskusi, prestasi belajar.
Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan cara berdiskusi pada mata pelajaran IPS yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang adalah meningkatnya prestasi belajar peserta didik. Hal ini penting karena prestasi belajar merupakan bagian pembelajaran. Rumusan masalah penelitian Apakah bimbingan kelompok dengan metode diskusi efektif meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan metode diskusi efektif meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Metode penentuan subjek penelitian adalah populasi 78 siswa adapun sampel 38 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Siklus penelitian dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh bahwa prestasi belajar siswa kelas XI MO 1 SMK Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-1011, pada mata pelajaran IPS meningkat terinikasi dari nilai rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 62,61. Meningkat pada siklus I = 67,16 adapun nilai rata-rata siswa tersebut pada siklus II meningkat = 74,45. Penerapan bimbingan kelompok dengan metode Diskusi pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Kultural bagi siswa kelas XI MO 1 SMK Negeri 1 Tahun Pelajaran 2010-2011 mencapai ketuntasan belajar sebesar 78,95% pada siklus I atau 30 dari 38 siswa. Adapun tidak tuntas 21,05 % atau 8 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 94,74 % atau 36 siswa dari 38 siswa dan 2 siswa atau 5,26% belum tuntas. Hal ini berarti memenuhi indikator keberhasilan belajar karena tolok ukur ketuntasan belajar sekurang-kirangnya adalah sebesar 85%.
English :
SUNENDRO.2011. The Effectiveness of Guidance Group Discussion Methods To Enhance Learning Achievement Subject Social Sciences (The Research Class Action in Class XI Educate Participants SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011). Guidance and Counseling. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Suriswo, M.Pd. Thesis. Faculty of Teacher Training and Education University Pancasakti Tegal.
Keywords: Guidance group discussion method, learning achievement.
The Implementation of guidance by way of discussion groups on subjects IPS conducted at Vocational School (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang is increasing learners' learning achievement. This is important because academic achievement is part of learning. The formulation of the problem of 'Is the guidance group discussion method effectively increase academic achievement in social studies subjects Class XI students in SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011?. The purpose of the study to determine the effectiveness of group counseling with discussion of methods to improve learning achievement social studies subjects in Class XI students in SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011.
Method of determining the research subjects were 78 student population as for samples of 38 students. Data collection using tests and observation. The cycle of research done 2 cycles and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection.
The results of this class action is obtained that class XI student achievement MO 1 SMK Negeri 1 Petarukan Academic Year 2010-2011, the Social Science subjects indicated increased from an average value of the class before the measure was 62.61. Increase in cycle I = 67.16 as for the average student on the second cycle increases = 74.45. Application of group counseling with methods Discussions on the subject of social studies subjects in the Community Cultural Social Group for class XI student of SMK Negeri 1 MO 1 2010-2011 Academic Year achieve mastery learning of 78.95% in cycle I or 30 out of 38 students. The list is not exhaustive 21.05% or 8 students. In the second cycle student mastery of 94.74% or 36 students from 38 students and 2 students or 5.26% unfinished. This means meeting the indicators of success measure mastery learning because learning is at least 85%.
1422011KI38 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain