Skripsi
Aspek Sosial Kisah-kisah Teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta dan Alternatif Pembelajarannya di SMA
Indonesia :
SURYATI.2010. Aspek Sosial Kisah-kisah Teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta dan Alternatif Pembelajarannya di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Aspek Sosial, Di Atas Sajadah Cinta
Dewasa ini, tidak sedikit karya sastra yang lebih menonjolkan budaya-budaya asing yang sering bertolak belakang dengan budaya dan aspek sosial kita, khususnya bagi umat Islam. Gejala munculnya pengaruh budaya asing pada media elektronik, media masa, dan tempat umum menunjukkan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam kehidupan masyarakat kita. Gejala krisis moral yang berkaitan dengan kecenderungan negatif perilaku remaja saat ini diyakini sebagai akibat pengaruh globaisasi. Oleh karena itu, perlu adanya solusi agar satra tetap eksis di tengah-tengah kita tanpa mengabaikan aspek budaya dan aspek sosial. Dengan demikian perlu adanya karya sastra yang baik, dalam arti memenuhi standar budaya dan sosial seperti yang kita harapkan. Salah satu hasil karya tersebut adalah Kisah-kisah Teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur cerita yang terdapat di dalam kisah-kisah teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta, untuk menemukan dan mendeskripsikan makna yang tersirat di dalam kisah-kisah tersebut, dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan aspek sosial dan alternatif pembelajarannya di SMA.
Hasil analisis menunjukkan bahwa unsur-unsur cerita dalam kisah-kisah teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta membentuk struktur yang utuh. Unsur-unsur tersebut adalah tema, alur pemikiran, penokohan, dan latar. Keempat unsur tersebut, ceritanya terjalin dalam satu kesatuan. Tema merupakan gagasan utama dalam cerita dan jalan ceritanya berupa alur. Alur dilukiskan oleh tokoh. Tokoh dalam bertindak dan berbuat dengan didukung latar. Dengan demikian, unsur yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan saling mendukung. Aspek social pada kisah tersebut menyarankan pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat. Tata cara kehidupan sosial masyarakat mencakup berbagai masalah dalam lingkup yang cukup kompleks yang berupa kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir dan bersikap, serta hal lain yang tergolong dalam latar spiritual. Di samping itu, latar sosial yang diungkap juga berhubungan dengan status sosial tokoh yang bersangkutan, seperti adanya status sosial masyarakat pada kategori kelas rendah, menengah, dan atas.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bagi siswa SMA, kisah-kisah teladan Islami Di Atas Sajadah Cinta dapat memberikan pembelajaran yang positip dalam berinteraksi dengan kehidupan sosial masyarakatnya, serta mampu mendudukkan cinta tertingginya kepada Sang Pencipta alam semesta ini, yakni Allah SWT. mengingat fenomena perilaku sebagian besar remaja, khususnya siswa SMA telah mengalami degradasi moral, mental, dan spiritual. Oleh karena itu, kisah-kisah teladan islami ini sangat tepat dijadikan alternatif pembelajaran sastra
English :
SURYATI.2010. Social Aspects of Islamic Exemplary Stories Di Atas Sajadah Cinta and Alternative learning in high school. Thesis. Education Studies Program and the Regional Language of Indonesian Literature. Faculty of Teacher Training and Education, University Pancasakti Tegal.
Keywords: Social Aspects, Di Atas Sajadah Cinta
Today, not a few literary works that further highlight the foreign cultures that are often contrary to our cultural and social aspects, especially for Muslims. Symptoms of the emergence of foreign cultural influence on the electronic media, mass media, and public areas indicate a change people's behavior in the life of our society. Symptoms of a moral crisis that the negative trends associated with adolescent behavior is believed to be due to the influence globaisasi. Therefore, the need for a solution for Satra still exist in our midst without ignoring the cultural aspects and social aspects. Thus the need for good literature, in the sense of cultural and social standards as we expected. One result of such works is an Islamic Exemplary Stories Di Atas Sajadah Cinta Work Habiburrahman El Shirazy.
The purpose of this study was to describe the story elements contained in the stories of exemplary Islamic Di Atas Sajadah Cinta, to discover and describe the meaning implied in those stories, and to identify and describe the social aspects of learning in high school and alternative .
The results show that the elements of the story in the stories of exemplary Islamic Di Atas Sajadah Cinta form the structure intact. These elements are the themes, plot ideas, character, and background. The four elements, the story is woven into a unity. The theme is the main idea in the story and the story in the form of grooves. The flow is depicted by the figures. People in the act and act with a supported setting. Thus, elements of which one with the other interrelated and mutually supportive. Social aspect of the story suggest the things that relate to the behavior of social life of society. The procedure of public social life includes a variety of problems within the scope of a fairly complex form of living habits, customs, traditions, beliefs, outlook on life, ways of thinking and acting, and other things belonging to the spiritual background. In addition, the social background which revealed also associated with social status of the relevant figures, such as the social status of people in low-grade category, middle, and upper.
From the above description can be concluded that for high school students, the stories of exemplary Islami Di Atas Sajadah Cinta can provide a positive learning to interact with the social life of society, and able to put the highest love to the Creator of this universe, ie God Almighty. considering the behavioral phenomenon mostly teenagers, especially high school students have been degraded moral, mental, and spiritual. Therefore, these stories are sanagt proper Islamic role model as an alternative teaching literature in high school.
1422011KI43 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain