Skripsi
Pengaruh Cara Pemberian Tugas dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011)
Indonesia :
DEWI MULYANI. 2011." Pengaruh Cara Pemberian Tugas dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2010 / 2011 )". Skripsi. Pendidikan Matematika. Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. A. Nina Rosana C, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Cara Pemberian Tugas, Motivasi, Prestasi Belajar.
Keberhasilan penguasaan matematika tidak terlepas dari kemampuan siswa mengerjakan latihan dalam hal ini tugas-tugas yang diberikan oleh guru, baik tugas yang diberi di rumah maupun yang diberi di sekolah. Dengan tugas yang diberi di rumah, siswa diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan, wawasan, serta imajinasi yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Dalam proses pendidikan banyak faktor yang saling mempengaruhi. Menunjangnya sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar diharapkan mampu melakukan perbaikan dan perubahan agar pandangan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dapat diubah sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara pembagian tugas dan motivasi terhadap prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Brebes dengan jumlah 288 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 4 kelas sampel dengan jumlah 36 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VII A dan VII D sebagai kelas eksperimen serta kelas VII B dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 36 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini.
Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat motivasi belajarnya yaitu dalam kelompok motivasi tinggi dan motivasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh cara pemberian tugas dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2010 / 2011. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan pemberian tugas di rumah lebih tinggi dibanding tugas di sekolah. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajarnya.
English :
Dewi Mulyani. 2011. "The Effect of Giving Task and Achievement Motivation on Learning (Research Study on Student Class VII Semester SMP Negeri 3 Brebes Academic Year 2010/2011)." Thesis. Mathematics Education. Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. A. Nina Rosana C, M.Si. Faculty of Teacher Training and Science. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Duty of Giving, Motivation, Learning Achievement.
The successful mastery of mathematics can not be separated from the ability of students to practice in this case the tasks given by teachers, both tasks that were given at home or who are in school. With a task that was given at home, students are expected to develop knowledge, insight, and imagination that is expected to improve learning achievement. In the process of education of many factors that affect each other. School support it as a venue for teaching and learning activities are expected to make improvements and changes to the view that mathematics is a difficult lesson can be modified so that students are motivated to learn mathematics.
This study aims to determine the influence of how the division of tasks and motivate to learn. The population in this study were all students of class VII semester SMP Negeri 3 Brebes with a number of 288 students, divided into 8 classes. The research sample was taken by cluster random sampling. Classes taken as a sample there are 4 classes of samples with the number of 36 students for each class. Classes taken are class VII A and VII D as experimental class and class VII B and VII class E as controls. The instrument used was a questionnaire study of motivation and learning achievement tests. To test the validity and reliability of instruments, instrument diteskan prior to the 36 students who have the same capabilities with a sample of this research.
Data analysis for this study using Anova test with randomized block design with the withdrawal of the child sample. In this study, the results of learning achievement grouped by level of learning motivation in a group of high motivation and low motivation. The results showed that the 5% significance level there is the influence of route of administration duties and motivate to learn math class VII semester SMP Negeri 3 Brebes school year 2010/2011. From the results, it can be concluded that the achievement of learning mathematics classroom use of the task at home is higher than the task at school. This study also shows the influence of students' motivation toward academic achievement.
1622011KI8 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain