Skripsi
Hubungan Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kharisma Sejahtera Brebes.
Indonesia :
Denny Andriyanto. Hubungan Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kharisma Sejahtera Brebes. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Kharisma Sejahtera. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Kharisma Sejahtera
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Kharisma Sejahtera Brebes.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan yang berupa observasi, interview dan kuesioner serta riset kepustakaan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial, korelasi berganda, koefisien korelasi (F-hitung), uji parsial, serta koefisien determinasi
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh hasil r sebesar 0,652. artinya hubungan kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan tergolong kuat. Dari perhitungan korelasi parsial antara variabel X1 (kualitas pelayanan) terhadap variable Y jika variabel X2 (tarif) dikontrol didapat hasil 0,239. artinya setiap subyek dalam sampel jika variabel tarif sama, maka hubungan antara variabel X1 (kualitas pelayanan) dan variabel X2 (tarif) dan kepuasan pelanggan lebih rendah. Dari perhitungan korelasi parsial antara variabel X2 (tarif) terhadap variabel Y jika variabel X1 (kualitas pelayanan) dikontrol di atas didapat hasil 0,452. artinya setiap subyek dalam sampel jika variabel kualitas pelayanan sama, maka hubungan antara tarif dan kepuasan pelanggan lebih rendah. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien korelasi (Fhitung) didapat hasil Fhitung sebesar 35,817. Hal itu berarti Fhitung (35,817) > Ftabel (3,09) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dan tarif secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Kharisma Brebes. Berdasarkan pengujian statistik didapatkan angka thitung antara variable X1 (kualitas pelayanan) terhadap variable Y (kepuasan pelanggan) sebesar 2,421 > ttabel 1,98 berarti H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X1 (kualitas pelayanan) terhadap variable Y (kepuasan pelanggan). Nilai thitung antara variable X2 (tarif) terhadap variable Y (kepuasan pelanggan) sebesar 4,986 > ttabel 1,98 berarti H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara X2 (variabel tarif) terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan).
English :
Denny Andriyanto. The Relationship Service Quality and Price on Customer Satisfaction at Customers Hotel Kharisma Sejahtera Brebes. Thesis. Tegal. Faculty of Economics of Pancasakti University. 2011
The purpose of this research is to determine the relationship of quality service and price to customer satisfaction at Hotel Kharisma Sejahtera. The hypothesis proposed in this study were suspected to have relations of quality service and pricing to customer satisfaction at Hotel Kharisma Sejahtera.
The problem faced in this research is how the relationship of quality service and price to customer satisfaction at the Hotel Kharisma Sejahtera Brebes
Data collection method used in this research is a form of observational field research, interviews and questionnaires as well as library research. While the analysis of the data used is partial correlation analysis, multiple correlation, correlation coefficient (F-count), partial test, and the coefficient of determination.
ased on the calculation of multiple correlation result r of 0.652. means the relationship of service quality and customer satisfaction rates relatively strong.
From the calculation of partial correlation between X1 variable (service quality) to variable Y if the variable X2 (price) controlled the result 0.239. meaning that each subject in the same sample if the variable rate, then the relationship between variables X1 (quality of service) and variables X2 (price) and lower customer satisfaction. From the calculation of partial correlation between variables X2 (price) to variable Y if the variable X1 (quality of service) control over the result 0.452. meaning that each subject in the sample if the variable quality of service equal, then the relationship between rates and lower customer satisfaction. Based on the calculation of correlation coefficient test (Fcount) Fcount results obtained at 35.817. That means Fcount (35.817) > Ftable (3.09), then Ho is rejected and Ha accepted which means there is a significant relationship between service quality and price simultaneously towards customer satisfaction Kharisma Hotel Brebes. Based on the test statistic obtained t count the number of variables X1 (quality of service) against the variable Y (customer satisfaction) of 2.421> 1.98 ttable mean H0 rejected, meaning that there is a significant relationship between variables X1 (quality of service) against the variable Y (customer satisfaction). Tcount between variable X2 (price) on the Y variable (customer satisfaction) of 4.986> 1.98 ttable mean H0 rejected, meaning that there is a significant relationship between X2 (variable rate) to variable Y (customer satisfaction).
1622011KI12 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain