Skripsi
Hubungan Pelayanan, Fasilitas dengan Perilaku Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes.
Indonesia :
WACHYUDI, SKRIPSI, HUBUNGAN PELAYANAN, FASILITAS DENGAN PERILAKU PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA RUMAH SAKIT DEDY JAYA BREBES, PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERUSAHAAN. FAKULTAS EKONOMI. UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. 2011.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pelayanan dengan perilaku pelanggan, hubungan fasilitas dengan perilaku pelanggan, serta hubungan pelayanan dan fasilitas dengan perilaku pelanggan dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan dengan perilaku pelanggan, diduga terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas dengan perilaku pelanggan, serta diduga terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan dan fasilitas dengan perilaku pelanggan dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes yang jumlahnya tidak terhingga dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling aksidental, sedangkan tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan kuisioner. Metode analisa data adalah Analisis Korelasi Rank Spearman, Analisis korelasi parsial, Analisis korelasi berganda, Uji-t dan Uji F.
Dari hasil pengolahan data, hubungan antara pelayanan dengan perilaku pelanggan adalah sedang dan positif, karena diperoleh nilai koefisien korelasi parsial ry1.2 = 0,43. berdasarkan hasil uji hipotesis individual, ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dengan perilaku pelanggan, karena ttabel >1,9845 yaitu sebesar 4,714, maka Ho ditolak. Hubungan antara fasilitas dengan perilaku pelanggan adalah sedang dan positif karena diperoleh nilai koefisien korelasi parsial ry2.1 = 0,44. Berdasarkan hasil uji hipotesis individual, ada hubungan yang signifikan antara fasilitas dengan perilaku pelanggan, karena ttabel >1,9845 yaitu sebesar 4,850, maka Ho ditolak. Hubungan pelayanan dan fasilitas dengan perilaku pelanggan adalah sedang dan positif, karena diperoleh nilai koefisien korelasi berganda = 0,47. berdasarkan hasil uji hipotesis serentak, pelayanan dan fasilitas memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku pelanggan dalam menggunakan jasa di Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes, karena Ftabel ? 3,92 yaitu sebesar 13,75 maka dapat diambil keputusan Ho ditolak pada tingkat ? = 5%.
Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan antara pelayanan dengan perilaku pelanggan, adanya hubungan antara fasiltas dengan perilaku pelanggan serta adanya hubungan antara pelayanan dan fasilitas dengan perilaku pelanggan dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes. Perusahaan harus mampu membaca kondisi pasar dan mempelajari perilaku pelanggan agar dapat tetap eksis berdiri untuk memenangkan persaingan dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan misalnya memberikan pelayanan yang terbaik dan menyediakan fasilitas yang lengkap yang lebih baik dari pesaing.
English :
WACHYUDI, THESIS RELATED SERVICES, FACILITIES WITH USING THE BEHAVIOR OF CUSTOMER SERVICE IN HOSPITALS DEDY JAYA BREBES, COMPANY MANAGEMENT STUDIES PROGRAM, FACILITY OF ECONOMICS, UNIVERSITY PANCASAKTI TEGAL.2011
The purpose of this study was to determine the relation ship of service with customer behavior, relation ship with customer behavior as well as facilities related services and facilities with customer behavior in the use of hospital services Dedy Jaya Brebes.
The hypothesis of this research is believed to have the relation ship between services with customer behavior, might be any relationship between facilities with customer services and facilities with customer behavior in the use hospital services Dedy Jaya Brebes.
The population of this study are all customers who use hospital services Dedy Jaya Brebes whose numbers are not infinite and the accidental sampling. While the techniques of data collection with interviews and questionnaires, data analysis method is rank spearman, correlation analysis, partial correlation analysis, multiple correlation analysis, t-test and test f.
The results of data processing. The relationship between services with customer behavior is quite strong and positive, because the partial correlation coefficient values obtained ry1.2 = 0,43. based on the individual hypothesis test results, no significant relationship between the services with behavior because ttable > 1,9845 is equal to 4,714, then Ho is rejected. The relationship between facilities with customer behavior is quite strong and positive because partial correlation coefficient values obtained ry2.1 = 0,44. based on the individual hypothesis test results, there is significant correlation between facilities with customer behavior, because ttable >1,9845 is equal to 4,850, then Ho is rejected. Relations services and facilities with customer behavior is a strong and positive, because values obtained multiple correlation coefficient = 0,47. based on hypothesis test results simultaneously, services and facilities simultaneously have a significant relationship with the customer behavior in the use of hospital services Dedy Jaya Brebes, because Ftable ? 3,92 that is equal to 13,75 then the decision can be taken Ho rejected at ? 5 % level =
The conclusion of this research is the relationship between service with customer behavior, the relationship with customer behavior as well as facilities of the relationship between services and facilities with customer behavior in the use hospital services Dedy Jaya Brebes. Company must be able to read and study the behavior of market conditions continue to exist for the customer stands to win the competition by providing satisfaction to customers, for example, provide the best service and providing complete facilities better than competitors.
1622011KI17 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain