Skripsi
Efektivitas Bimbingan Belajar Dengan Menerapkan Metode Inquiry Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2
Indonesia :
MOHAMAD RIZZA ABIDIN.2011. Efektivitas Bimbingan Belajar Dengan Menerapkan Metode Inquiry Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011)". Bimbingan dan Konseling. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Drs. Sukoco, KW. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal..
Kata kunci : Bimbingan belajar, metode Inquiry.
Pelaksanaan bimbingan belajar berbasis Inquiri pada mata pelajaran IPA yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang adalah meningkatnya prestasi belajar peserta didik. Hal ini penting karena prestasi belajar merupakan bagian pembelajaran. Rumusan masalah penelitian apakah pelaksanaan bimbingan belajar dengan menerapakan Metode Inquiry efektif dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas X SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan belajar dengan menerapkan Metode Inquiry mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Metode penentuan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Siklus penelitian dilakukan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pelaksanaan bimbingan belajar dengan metode Inquiry pada siswa kelas X TB (Tata Boga) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 secara umum dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Siswa mampu menguasai mata pelajaran khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Lingkungan Sekitar Kita. Penerapan metode Inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Lingkungan Sekitar Kita pada siswa kelas X TB (Tata Boga) SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil PTK yang dilaksanakan sebanyak 3 Siklus bahwa pada siklus I terdapat 28 siswa tuntas (71,41% ) dan siklus II 34 siswa tuntas ( 85,37% ) sedangkan siklus III terdapat 39 siswa tuntas (97,50%). Pelaksanaan bimbingan belajar dengan menerapakan Metode Inquiry efektif dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 62,56 sebelum tindakan dan menjadi cukup baik dengan nilai rata-rata 73,71 pada siklus I. Pada siklus II menjadi lebih baik lagi dengan nilai rata-rata 77,30 sedangkan pada siklus III meningkat 82,82. Metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi dan pembelajaran makin efektif.
English :
Mohamad RIZZA ABIDIN.2011. Tutoring Effectiveness With Implementing Inquiry Method For Improving Learning Achievement Subject of Natural Sciences (Classroom Action Research on Class X Participants Educate SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011) ". Guidance and Counseling. Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Drs. Sukoco, KW. Thesis. Faculty of Teacher Training and Education University Pancasakti Tegal ..
Keywords: Guidance learning, Inquiry method.
Implementation Inquiri based tutoring in science subjects conducted at the Vocational School (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang is increasing learners' learning achievement. This is important because academic achievement is part of learning. Formulation of research problem whether implementation guidance Inquiry Method of learning to deploy an effective to increase academic achievement for teaching science class X student of SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011?. The purpose of the study to determine the effectiveness of the implementation guidance of learning by applying the Inquiry Method of Natural Science subjects in class X students of SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011.
Method of determining the research subject is a class X student of SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang. Data collection using tests and observation. Cycle of research done 3 cycles and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection.
Implementation tutoring Inquiry method in class X TB (Catering) Vocational School (SMK) School 1 Academic Year 2010/2011 Petarukan Pemalang generally can develop the attitudes and good learning habits. Students are able to master the subjects, especially subjects of Natural Sciences subject of Environment Around Us. Application of the method on the subjects Inquiry Science Environment Around the subject in class X TB (Catering) SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011 to enhance student learning completeness. This is based on the results of PTK held as many as 3 cycle that in cycle I have 28 students completed (71.41%) and 34 students completed the second cycle (85.37%) while the third cycle there are 39 students completed (97.50%). Implementation guidance Inquiry learning by applying an effective method to improve students' average score of 62.56 before the measure and became quite good with an average rating of 73.71 in cycle I. In the second cycle to be better again with a value of 77.30 whereas the average increase in cycle III 82.82. Inquiry Methods to improve motivation and learning more effective.
1622011KI37 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain