Skripsi
Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Pengembangan Kognitif pada Anak Usia Dini TK Aisyiyah 03 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
HERMI WATININGSIH, NPM : 117500694.2010, Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Pengembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini TK Aisyiyah 03 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Drs. Sukoco, KW, DRs. Sugiyanto, HN, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Belajar berhitung, Seraya Bermain
Bimbingan Belajar merupakan aspek yang penting dalam membantu keberhasilan belajar siswa, gagalnya siswa dalam belajar pengembangan kognitif disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi, oleh karena itu diperlukan kiranya bimbingan belajar yang terarah dan terpadu agar dapat meminimalkan kesulitan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan dan bimbingan belajar pengembangan kognitif terhadap prestasi belajar siswa pada kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : siswa yang banyak berlatih soal-soal, hasilnya akan lebih baik daripada anak yang tidak senang berlatih mengerjakan soal-soal.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B1 semester I, TK Aisyiyah 03 Pemalang, Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 34 siswa dengan demikian ada dua variabel bebas (x) yaitu bimbingan belajar, variabel terikat (y) yaitu prestasi belajar pengembangan kognitif.
Tehnik analisis data menggunakan uji korelasi product moment terbukti hasil perhitungan diperoleh harga rxy = 0,297 hasil perhitungan kemudian dibandingkan dengan nilai r¬tabel untuk taraf signifikasi 5% sebesar rtabel dari rtabel¬ (0,297 < 0,339). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian belum dapat diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan TK Aisyiyah 03 Pemalang perlu diadakan layanan dan bimbingan belajar pengembangan kognitif, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
English :
HERMI WATININGSIH, NPM : 1107500694.2011. The Services an Guidance of Teaching Learning Process in the Early Childhood of TK Aisyiyah 03 in Academic Year 2010/2011. Drs. Sukoco, KW., Drs. Sugiyanto, HN, M.Pd, Faculty of Educational University Pancasakti Tegal.
Keywords : Count learn, while playing.
Tutoring in an important aspect in helping students, learning succes, the failure of students in studying cognitive development is caused by many factors that influence it, therefore is needed tutoring for fogeted and integrated to minimize these difficulties.
The purpose of this reseach in to determinate the tutoring services and cognitive development of students learning achievment in teaching and learning activities.
Based on the review of related literature and logical framework, the hyphothesis of this reasearch in proposed as follows : students who are a lot of practice questions, the result will be better than children who do not like to do questions.
The populations of this reaserch are student semeter I in group B1 TK Aisyiyah 03 Pemalang in acedemic year 2010 / 211 with total number of population is 34 students. The variable which is used in this research are two variable. It est independen variable (x) is tutoring, and dependent variable (y) is the achievment of cognitive development.
The data of analysis uses product moment test proved the calculations rxy = 0,297 the the result 0 of calculation is compared with the rtable for the level of siginificance of 5% the rtable is 0,339. The comparison prove that rratio is smaller than r¬table (0,297 < 0,339). This this shows that the hyphothsis of research can not accepted.
It can be concluded that the students of TK Aisyiyah 03 Pemalang in academic year 2010/2011 need to hold the service and tutorials cognitive development to improve student achievment.
1622011KI38 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain