Skripsi
Keefektifan Majalah Dinding dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
AHMAD SUNARDI. 2011. "Keefektifan Majalah Dinding dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Wanasari, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011". Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing I Drs. Bowo Hermadji, M.Pd. Pembimbing II Sutji Muljani, M.Hum. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Keefektifan, Kreativitas, Menulis, Majalah dinding, Cerita Pendek
Keterampilan menulis cerpen siswa kadangkala kurang didukung dengan bentuk penyampaian dan media yang ada. Siswa sering mencurahkan pikiran dan perasaan lewat media yang kurang tepat, seperti menulis di meja belajar, tembok dinding bahkan MCK. Keterampilan tersebut akan lebih tepat jika ada media untuk mencurahkan kreatifitas menulis yaitu majalah dinding sebagai bentuk media pencurahan kreatifitas menulis siswa pada dunia pendidikan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa melalui kegiatan permadingan dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan majalah dinding terhadap perubahan kemampuan menulis cerpen pada siswa.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitiana ini dapat dirumuskan sebagai berikut; Siswa yang terus berlatih membuat cerpen pada kegiatan permadingan akan mengalami peningkatan dalam membuat cerpen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Dari populasi tersebut penulis mengambil sampel kelas XI IPA 1 dengan jumlah 39 siswa sebagai eksperimen penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasannya, disimpulkan bahwa melalui kegiatan permadingan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI IPA 1 SMA N Wanasari mengalami peningkatan nilai sebesar 6,13 atau 10,62 %. Hasil rata-rata tes menulis cerpen pre tes sebesar 63,56 dan pada hasil pos tes setelah kegiatan menulis cerpen pada mading rata-ratanya menjadi 70,31. Pemerolehan ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen melalui kegiatan majalah dinding pada siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wanasari dapat meningkat dan berhasil. Hal ini dipertegas dari hasil t-tes dengan t-hitung 1,908 harganya lebih tinggi dari t-tabel yaitu d.b 39 t -tabel 5 % adalah 1.686. Perilaku siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wanasari setelah mengikuti kegiatan menulis cerpen melalui media majalah dinding mengalami perubahan ke arah positif yaitu dapat menyalurkan keterampilan menulisnya lewat media mading.
Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan: 1) Handaknya setiap sekolah dapat memanfaatkan keberadaan mading secara maksimal sebagai media mengasah keterampilan menulis cerpen, 2) Hendaknya siswa turut aktif dalam kegiatan permadingan dengan aktif mencurahkan buah karya tulisnya.
English :
AHMAD SUNARDI. 2011."The Effectiveness of Wall Magazine in Improving the Creativity of Writing Short Story on the Second Year student of SMA N 1 Wanasari Kabupaten Brebes in Academic Year 2010/2011". Faculty of Teacher Training and Education. First Advisor Drs. Bowo Hermadji, M.Pd. Second Advisor Sutji Muljani, M.Hum. Educational Science and Teaching Faculty. Pancasakti University Tegal.
Key Word: Effectiveness, Creativity, Write, Wall Magazine, Short Story.
Students competency in writing short story occasionally has no purpose with the way presenting and media. Student often presenting their ideas and their sensations with wrong media, as write on the table, on the wall, more over in the bathroom. The competency will be better if there is a media for presenting their creativity in writing, that is wall magazine. Wall Magazine as a media for presenting the students creativity in writing in the field of education.
The purpose of this research it to know, how is the students achievement of the creativity in writing short story by means of making wall magazine and to describe the influence of using wall magazine to word the change of the students ability in writing short story.
Based on the story foundation and frame of tingking, the hypothesis of this research is the students who make wall magazine continuously can improve their ability in writing wall magazine.
The population of this research is the second year students of SMA N 1 Wanasari Kabupaten Brebes in academic year 2010/2011. The research take XI IPA 1 class as the sample of this research, with the number of students are 39 students based on the result of the research and the study, we can conclude that by means of wall magazine activity, students of XI IPA 1 SMA N 1 Wanasari has more score. The score is 6, 13 or 10,62 %. The mean of pre test about writing wall magazine is 63,56, and the result of post test after writing wall magazine activity, the mean become 70,13. this achievement show that teaching shot story by wall magazine activity on the second year students of SMA N 1 Wanasari has achievment and effective. This situation is supported from the result of t-test with t-count is 1,908. it is higher than t-table. They can show their creativity by using wall magazine as amedia.
From the result of this research, the writing suggest;1). Every school should use wall magazine as a media to improve the student skill in writing short story. 2). The student shoul active to improving wall magazine activity.
1622011KI41 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain