Skripsi
The Effect of Parents' Attention to the Achievement of English for Elementary School Students ( A Research Study of the Fifth Year Students in Four Elementary Schools in Talang Sub-distict Tegal Regency in the Academic Year 2010/2011 )
IKE MEGAWATI : The Effect of Parents' Attention to the Achievement of English for Elementary School Students ( A Research Study of the Fifth Year Students in Four Elementary Schools in Talang Sub-distict Tegal Regency in the Academic Year 2010/2011 ). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Perhatian orang tua, Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh perhatian orang tua dalam menigkatkan pembelajaran Bahasa Inggris dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas lima SD.
Berdasarkan latar belakang teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini adalah Terdapat pengaruh positif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa SD kelas lima di empat sekolah. Dalam hal ini bahwa pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, seperti: jasmaniah, psikologis dan faktor kelelahan. Faktor eksternal, seperti: faktor keluarga, guru dan lingkungan sekitar. Peran orang tua dalam pendidikan anak adalah untuk memberikan dukungan, motivasi dan informasi dalam proses pembelajaran tentang bagaimana meningkatkan prestasi belajar.
Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas lima di empat sekolah Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, seperti : Pasangan 01, Pasangan 02, Gembong 01 dan Talang 02 semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Populasi terdiri dari 137 siswa dengan hasil angket : siswa yang mempunyai perhatian tinggi dari orang tuanya 76 siswa, siswa yang mempunyai perhatian orang tua sedang 27 siswa dan yang mempunyai perhatian orang tua rendah 34 siswa. Penulis hanya mengambil 50 siswa sebagai sampel penelitian dan kemudian dibagi menjadi 2 kelompok secara acak dengan perincian sebagai berikut : 25 siswa sebagai kelompok I (Kelompok yang mempunyai perhatian orang tua tinggi) dan 25 sebagai kelompok II (Kelompok yang mempunyai perhatian orang tua rendah).
Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Angket terdiri dari 30 pernyataan dan tes tentang Bahasa Inggris terdiri dari 30 soal.
Kesimpulan berdasarkan analisis penelitian : Ada pengaruh positif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa SD kelas 5 di 4 sekolah SD di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tahun 2010/2011. Didukung dengan nilai uji-t yang lebih besar dari t-tabel berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh 2,154 dengan taraf signifikan 5%, t-tabel 2,000 (2,154>2,000).
1722011KI13 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain