Skripsi
UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA POS TERHADAP PT. POS INDONESIA (PERSERO)
Indonesia :
Fitriadi prakoso. 5106502369. Upaya perlindungan hukum konsumen pengguna jasa pos terhadap PT. Pos Indonesia (persero). Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap pengguna jasa pos PT. Pos Indonesia yang merasa dirugikan karena keterlambatan pengiriman, rusak ataupun hilang. Selain itu juga untuk mengetahui pelaksanaan pertanggung jawaban PT. Pos Indonesia terhadap perjanjiannya dalam hal terjadi keterlambatan ataupun kerusakan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang bersumber dari peraturan perundang-undangan dan penelitian kepustakaan. Data kemudian di olah dengan cara editing, klasifikasi data dan dan sistemasi data. Kemudian data disusun secara sistematis dan dan dianalisis secara kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan bahwa bentuk perlindungan konsumen di Indonesia terhadap konsumen yang dirugikan karena kelalaian pelaku usaha bersumber pada Undang-undang Perlindungan Konsumen dan ketentuan-ketentuan diluar Undang-undang Perlindungan Konsumen. Bentuk dan proses pelaksanaan ganti kerugian yang dilakukan PT. Pos Indonesia sehubungan dengan kerugian yang dialami oleh pemakai jasa pada dasarnya diperhitungkan dan diberikan dalam bentuk uang, yang mana pada prosesnya diselesaikan oleh petugas. Tanggung jawab yang dilakukan PT. Pos Indonesia merupakan upaya untuk memenuhi tanggung jawab pelaku usaha dengan memberi ganti rugi atas kerugian akibat penggunaan jasa yang diberikan. PT. Pos Indonesia apabila ada pemakai jasa PT. Pos Indonesia yang melakukan klaim berupa adanya keterlambatan pengiriman, maupun ganti rugi, PT. Pos Indonesia hanya bertanggung jawab sebatas ketentuan yang dimuat didalam surat pos atau paket pos yang terlebih dahulu diketahui oleh pemakai jasa PT. Pos Indonesia.
English :
Fitriadi prakoso. 5106502369. Consumer protection effort of postal service to PT. Pos Indonesia (Persero).The objective of this research is to know how the protection law of PT. Pos Indonesia (Persero) consumer who were aggrieved because of delaying delivery, broken or lose is. Beside that, it is also to know the implementation of PT. Pos Indonesia's responsibility to its agreement both on the delaying and breaking.
The research method which is used is statute approach and conceptual approach. The data used are primary and secondary data which are sourced from the rule of law and library research. The data then processed by editing, data classification, and systematic data. Then the data is structured systematically and is analyzed quantitavely.
Based on the research and discussion, the consumer protection in Indonesia to the consumer tat is aggrieved by business doers is sourced from consumer protection law and the provisions outside the consumer protection law. The form and the process of compensation that is done by PT. Pos Indonesia (Persero) related to the aggrieving of the consumers, basically calculated and given in the form of money, and the process is accomplished by the officer. Responsibility held by PT. Pos Indonesia is an effort to fulfill the responsibility of business doers by giving compensation of the aggrieving caused by service given. If there is a claim from the consumer of PT. Pos Indonesia (Persero) related to the delaying delivery or compensation, PT. Pos Indonesia only has the responsibility which is stated in letter or package that is know first by the consumers of PT. Pos Indonesia (Persero)
1722011KI32 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain