Skripsi
Potret Sosial Pada Novel Kemayoran Karya Nh. Dini dan Implikasi Pembelajarannya di SMP
Indonesia :
Kasenda,Norman. (2011) NPM 1506500645 Potret Sosial Pada Novel Kemayoran Karya Nh. Dini dan Implikasi Pembelajarannya di SMP. Progam Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Potret Sosial dan Implikasi Pembelajarannya di SMP
Sastra adalah tata nilai kehidupan antara dua fenomena yang saling melengkapi. Pelahiran sastra bersumber dari kehidupan yang bertata nilai dan pada gilirannya sastra juga akan memberikan cipta sastra yang di buat dengan kesungguhan mengandung keterkaitan yang kuat dengan kehidupan. Didalamnya terkandung potret sosial, baik yang dirumuskan secara tersurat maupun tersirat.
Penelitian sastra tidak menggunakan istilah populasi, sampel, maupun variabel, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kajian kepustakaan. Sedangkan teknik analisis dilakukan melalui tahap penggambaran konsepsi kepengarangan Nh. Dini, dan potret sosial yang terkandung dalam novel Kemayoran.
Secara teoritis, tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan teori dan metode dari pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan ini merupakan cara yang tepat untuk dapat memahami potret sosial dalam novel Kemayoran. Sejalan dengan permasalahan yang telah dirumuskan diatas, penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) mengetahui kandungan potret sosial dalam novel Kemayoran (2) alternatif pengajaran novel Kemayoran di SMP.
Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa konsepsi kepengarangan Nh. Dini bertolak dari lingkungan masyarakat sedangkan potret sosial yang terkandung dalam novel Kemayoran terungkap melalui beberapa kajian bahwa guru menurut Nh. Dini adalah harga seorang guru ditentukan oleh nilai pengabdian kepada orang banyak atau kepada masyarakat luas yang diibaratkan Sumantri dalam tokoh pewayangan sebagai simbol pengabdian yang penting.
English :
Kasenda, Norman. (2011) Social Portrait of NPM 1506500645 Kemayoran Novels Work In Nh. Early learning in junior high and Implications. Language Education Study Program of Indonesia and Regional Literature and Pedagogy Faculty of Education University Pancasakti Tegal.
Key Words: Portraits and Social Implications of learning in middle school
Literature is life values between the two phenomena are complementary. Pelahiran literature sourced from life bertata literary value and in turn will also provide creative literature that created with the seriousness contain a strong link with life. Social portrait contained therein, whether express or implied formulated.
The research literature does not use the terms population, sample, and variable, therefore this study uses qualitative methods. The data collection technique using a literature review. While technical analysis is done through the stages of the conception of authorship Nh depiction. Early, and social portrait contained in Kemayoran novel.
Theoretically, the purpose of this study is to apply the theories and methods of sociological approach to literature. This approach is an appropriate way to understand the social portrait of the novel Kemayoran. In line with the issues that have been formulated above, this study has the following objectives (1) know the content of social portrait of the novel Kemayoran (2) alternative teaching Kemayoran novel in junior high.
Based on research results revealed that the conception of authorship Nh. Early departed from the environmental community, while social portrait contained in Kemayoran novel revealed through several studies that the teacher according to NH. Earl is the price of a teacher is determined by the value of dedication to the people or to the general public who likened Sumantri the puppet figure as an important symbol of devotion.
1722011KI40 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain