Skripsi
Kemampuan Guru dalam Memberikan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Pemalang (Studi Deskriptip Siswa Kelas VIII Semester 1 Tahun Pelajaran 2010-2011)
Indonesia :
UMROH SITI TRI.2011.Kemampuan Guru dalam Memberikan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Pemalang (Studi Deskriptip Siswa Kelas VIII Semester 1 Tahun Pelajaran 2010-2011) Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Muhaimin Sadirun, S.HM.H; Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kemampuan siswa, prestasi belajar
Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari orientasinya terhadap desain program pembelajaran berkenann dengan tujuan, memilih tema, metoda, media, waktu/tempat pembelajaran. motivasi merupakan niat, dorongan yang dapat menyebabkan seseorang atau sekelompok orang tergerak untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan yang dikehendaki atau mendapat kepuasan atas perilakunya. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Hubungan antara kemampuan guru dengan prestasi belajar siswa, (2) hubungan motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas, (3) Hubungan antara kemampuan guru dan motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai pedoman para guru dan siswa khususnya di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP).mengenai motivasi dan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah penelitian (1) apakah ada hubungan antara kemampuan guru dengan prestasi belajar siswa, (2) spakah ada hubungan antara motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa, dan (3) apakah ada hubungan secara simultan antara kemampuan guru dan motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011?.
Populasi berjumlah 303 sampel diambil sebanyak 90 responden terdiri dari guru sebanyak 45 orang dan siswa sebanyak 45. Pengumpulan data menggunakan angket validitas diperoleh degan korelasi product moment sedangkan reliabilitas dengan alpha cronbach.analisis data menggunakan rumus korelasi berganda yang diuji dengan uji F
Hasil penelitian, hubungan Kemampuan Guru (X1) dengan Prestasi Belajar (Y), siswa kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011 adalah signifikan karena hasil rhitung > rtabel atau 0,785 > 0,396 (N=45, ? = 0,05). Hubungan antara Motivasi Siswa (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) siswa, signifikan, karena hasil r hitung > rtabel atau 0,900>0,396 (N=45, ? = 0,05), Hubungan secara simultan (bersama-sama) antara kemampuan guru dan motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa diperoleh Fhitung = 8, 230. Karena F tabel (Ft) adalah 3,22 sehingga F hitung > F tabel yaitu 8,230 > 3,22 artinya terdapat pengaruh atau hubungan yang signifikan Kemampuan guru dan Motivasi siswa secara simultan (bersama-sama) terhadap Prestasi belajar.
Salah satu faktor profesionalisme guru adalah panggilan jiwa untuk mendidik dan memberikan materi ajar terhadap siswa, sehingga kemampuan mengajar, kesadaran yang tinggi, dan kedisiplinan guru dalam mengajar hendaknya semakin ditingkatkan.
English :
SITI umra TRI.2011.Kemampuan Teacher Gives Students Against Achievement Motivation Learning Junior High School (SMP) Negeri 4 Pemalang (Class VIII student descriptive study Semester 1 Academic Year 2010-2011) Thesis. Pancasila and Citizenship Education State. Muhaimin Sadirun, S.HM.H; Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. Thesis. University Pancasakti Tegal.
Keywords: student ability, achievement
The ability of teachers in the implementation of learning in school can not be separated from its orientation toward design berkenann learning program with goals, selecting themes, methods, media, time / place of learning. motivation is the intention, the impulse that can cause a person or group of people moved to do something according to the desired destination or get satisfaction for his behavior. Aim is to know (1) The relationship between the ability of teachers to student learning achievement, (2) the relationship of achievement motivation of students with learning student, (3) The relationship between teachers' ability and motivation of students with learning achievement class VIII Semester 2 SMP Negeri 4 Pemalang Academic Year 2010-2011. The results of this study is useful as a guide to teachers and students, particularly in environments Junior High School (SMP). On motivation and learning achievement of students. The formulation of research problems (1) whether there is a correlation between the ability of teachers to student learning achievement, (2) spakah no relationship between student motivation and academic achievement of students, and (3) whether there is a correlation between the ability simultaneously teacher and student motivation to student achievement class VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Pemalang Academic Year 2010-2011?.
The total population is 303 samples taken as many as 90 respondents comprising teachers and students as many as 45 people as much as 45. Data collection using a questionnaire validity obtained degan product moment correlation, while reliability with alpha cronbach.analisis data using multiple correlation formula is tested by F test
The results of research, relationships Ability Teacher (X1) with Learning Achievement (Y), class VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Pemalang Academic Year 2010-2011 is significant because the results rhitung> rtabel or 0.785> 0.396 (N = 45, ? = 0, 05). Relations between Student Motivation (X2) with Learning Achievement (Y) students, significantly, since the results of r count> rtabel or 0.900> 0.396 (N = 45, ? = 0.05), relations simultaneously (together) between the ability of teachers and motivation of students with student achievement obtained Fcount = 8, 230. Because the F table (Ft) is 3.22, so F count> F table is 8.230> 3.22 means that there are significant or significant correlation capabilities of teachers and student motivation simultaneously (jointly) on learning achievement.
One factor is the vocation of teacher professionalism to educate and provide teaching materials to students, so the ability to teach, high awareness, and discipline of teachers in teaching should be improved.
1722011KI55 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain