Skripsi
Pengaruh Tingkat Pendidikan orang tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
HADI YWANA, 2011. Pengaruh Tingkat Pendidikan orang tua terhadap Hasil
Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami
Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Pendidikan
Kewarganegaraan. Drs. Wahyono, M.Hum. Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua
Orang tua perlu menyediakan waktu untuk selalu berkomunikasi dengan
anaknya. Komunikasi timbal balik yang baik akan menciptakan suasana yang
harmonis dan menyenangkan bagi anak yang pada gilirannya nanti mampu
memberikan motivasi bagi anak untuk belajar lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan
siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran
2010/2011
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada
penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: terdapat pengaruh yang
signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan
Kewarganegaraan siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang
tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 4
Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 160 siswa
yang terbagi dalam empat kelas. Sample dalam penelitian ini adalah siswa Kelas
VIII SMP Negeri 4 Ulujami tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 80 anak.
Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Proporsional
Random Sampling.
Data penelitian ini diperoleh koefisien arah regresi Y atas X sebesar 0,888
dengan nilai konstan 42,56. Koefisien regresi Y atas X 42,56 itu mengisyaratkan
rata-rata perubahan yang terjadi pada hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan
(Y) pada setiap satu unit perubahan pada tingkat pendidikan orang tua (X). Hasil
tersebut menunjukkan adanya sumbangan relatif X atas Y sebesar 88,80% dan 4)
Hasil perhitungan untuk menghitung signifikan harga Freg menunjukkan harga
Freg sebesar 81,57. Sedangkan harga Ftabel dengan db 1 lawan 78 dengan taraf
signifikan 5% sebesar 4,20 maka Freg > Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa
hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan tingkat
pendidikan orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa
Kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Tahun Pelajaran 2010/2011.
Saran penulis bagi peneliti lain yang berminat berkaitan dengan penelitian
ini, diharapkan dapat meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar
siswa dengan variabel penelitian yang lebih luas dan sampel yang lebih banyak.
Dengan demikian didapatkan suatu hasil penelitian yang akurat dan signifikan.
English :
HADI YWANA, 2011. Influence Mount Education of parent to Result Learn
Education of Civic of the Eight Students of SMP Negeri 4 Ulujami Sub-Province
of Pemalang in the academic year 2010/2011. Thesis. Education of Civic, Drs.
Wahyono, M.Hum. Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Teachership and Science Education
Faculty Pancasakti University of Tegal.
Password : Result Learn, Level Education of Parent
Parent require to provide time to always to communicate with its child.
good Reciprocal communications will create pleasant and harmonious atmosphere
to child which is on its innings wait can give motivation to child to learn betterly.
Objectives of this research is to know there is do not it influence mount
education of parent with result learn Education of Civic the Eight year Students of
SMP Negeri 4 Ulujami Sub-Province of Pemalang in the academic year
2010/2011.
By virtue to basis for framework and theory think, hypothesis at this
research can be formulated as follows: there are influence which is significant
mount education of parent to result learn Education of Civic the Eight year
Students of SMP Negeri 4 Ulujami Sub-Province of Pemalang in the academic
year 2010 / 2011.
This Research population is all the eight year students of SMP Negeri 4
Ulujami Sub-Province of Pemalang in the academic year 2010/2011, counted 160
student which divided in four class. Sample in this research is the eight year
students of SMP Negeri 4 Ulujami Sub-Province of Pemalang in the academic
year 2010/2011 amounting to 80 child. Technique intake of this research sampel
use technique of Proportional Random Sampling.
Result of research indicate that result of analysis of regresi, obtained by
coefficient instruct Y regresi of X equal to 0,888 with constant value 42,56.
coefficient of Regresi Y of X 42,56 that sign change mean that happened at result
learn Education of Civic (Y) in each one change unit at level education of parent
(X). The result show the existence of contribution relative X of Y equal to 88,80%
and 4) Result of calculation to calculate price significant of Freg show price of Freg
equal to 81,57. While price of Ftabel with db 1 opponent 78 with level of
significant 5% equal to 4,20 hence Freg > Ftabel. This matter indicate that this
research hypothesis is accepted.
Thereby can be concluded there is influence which is significant mount
education of parents to result learn Education of Civic the Eight year Students of
SMP Negeri 4 Ulujami Sub-Province of Pemalang in the academic year
2010/2011.
Writer suggestion to enthusiastic other researcher relate to this research, is
expected can check other variable which influence result learn student with
broader research variable and sampel which is more. Is thereby got by a result of
accurate research and significant.
1722011KI56 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain