Skripsi
Metode Pemberian Tugas Terstruktur Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Sekolah Memengah Pertama (SMP) Nege
Indonesia :
SUDIYANTO/2011. Metode Pemberian Tugas Terstruktur Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Sekolah Memengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011", Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Muhaimin Sadirun, S.HM.H; Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Tugas Terstruktur, Prestasi Belajar.
Pemberian tugas terstruktur yang diberikan guru terhadap siswa mampu menciptakan rasa tanggungjawab, dan memilikp sikap menghargai hasil kerja orang lain. Tugas terstruk dalam pembelajaran siswa antara lain laporan tertulis atau lisan, membuat ringkasan, menyerahkan hasil kerja, menemukan informasi, dan menjalin kerjasama dan sikap menghargai hasil kerja orang lain.
Rumusan masalah penelitian apakah penggunaan metode pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskrpsikan penggunaan metode pemberian tugas terstruktur dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi. Penentuan subjek penelitian adalah siswa kelas VII D. Jumlah populasi 383, sedangkan sampel sebanyak 40 siswa. Materi pokok dalam penelitian tindakan kelas ini mata pelajaran PKn pokok bahasan Hak Asasi Manusia (HAM) dengan sub pokok bahasan tentang (a) Hakikat HAM, (b) Instrumen Nasional HAM di Indonesia, (c) Lembaga HAM dan Peranannya di Indonesia (pembelajaran ke 1), dan materi (d) Kasus Pelanggaran HAM dan Upaya Penyelesaiannya, (e) Perlndungan dan Penegakkan HAM pada pembelajaran ke 2).
Hasil penelitian bahwa Pelaksanaan metode pemberian tugas terstruktur pada siswa kelas VII D SMP Negeri 01 Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 khususnya pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Hak Asasi Manusia (HAM) mampu membina rasa tanggungjawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru seperti membuat laporan tertulis, membuat ringkasan, menyerahkan hasil tugas. Siswa dapat menemukan sendiri informasi mengenai materi pelajaran dan mampu menjalin kerjasama didasari dengan sikap menghargai hasil tugas siswa lain.
Prestasi belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 01 Pemalang khususnya pada mata pelajaran PKn meningkat terindikasi dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 66,95. menjadi 73,78. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi blajar seperti kecerdasan, minat, motivasi dan sebagainya dapat diakomodir melalui tugas-tugas secara terstruktur sehingga siswa benar-benar berhasil memahami mata pelajaran secara optimal. Ketuntasan belajar siswa mencapai 78,05% pada siklus I dan meningkat 87,80% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar di samping disebabkan karena pendekatan metode pemberian tugas terstruktur adalah faktor sarana belajar, lingkungan sekolah dan fakor psikologis (bakat, minat, intelegensi, motivasi) yang dimiliki siswa.
English :
SUDIYANTO/2011. The Task Structured Method For Effort to Improve Educational Learning Achievement Subject Citizenship (Civics) Junior High School Students (SMP) (Classroom Action Research on Student Class VII Memengah School (SMP) Pemalang School 1 Academic Year 2010-2011 ", Thesis Education. Pancasila and Citizenship State. Muhaimin Sadirun, S.HM.H; Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Faculty of Teacher Training and Education. Thesis. Pancasakti University of Tegal.
Keywords: Structured Tasks, Learning Achievement.
Provision of structured tasks given to the student teacher is able to create a sense of responsibility, and respect memilikp work of others. Structured tasks in the learning of students include written or oral report, a summary, submit the work, find information, and establish cooperation and respect for the work of others.
Formulation of research problem whether the use of a structured method of giving the task to improve learning achievement subjects of class VII Civics Education Junior High School (Junior High) School 1 Pemalang Academic Year 2010-2011?. The purpose of this study is to mendeskrpsikan use a structured method of giving the task of improving student achievement in seventh grade Junior High School 1 Pemalang Academic Year 2010-2011.
This research is a class action (PTK) carried out 2 cycles. Each cycle consists of planning, observation, action and reflection. Data collection using questionnaires, tests, and observation. Determination of research subjects are students of class VII D. Total population of 383, while the sample size of 40 students. Subject matter in this class action research subjects Civics subject of Human Rights (HAM) with sub-subject of (a) The nature of human rights, (b) National Instrument human rights in Indonesia, (c) Institute of Human Rights and Role in Indonesia (learning to 1), and materials (d) Case Solved Violation of human rights and efforts, (e) Perlndungan and Enforcement of Human Rights on learning to 2).
The study show that implementation of the method of structured tasks in class VII D Junior High School 2001 Academic Year 2010/2011 Pemalang especially on the subject of Civic Education subject of Human Rights (HAM) was able to foster students' sense of responsibility in completing tasks given by teachers as make a written report, a summary, submit the results of the task. Students can find their own information about the subject matter and is able to establish cooperation based on respect for the task with other students.
Learning achievement of students of class VII D SMP Negeri 01 Pemalang especially on the subjects indicated Civics increased from increasing the average value obtained by students at 66.95. becomes 73.78. Factors affecting therefore learning achievement such as intelligence, interest, motivation and so forth can be accommodated through a structured assignments so students really understand the subjects managed optimally. Mastery learning students reach 78.05% in the first cycle and increased 87.80% in cycle II. Improving academic achievement in addition due to the method of task-structured approach is the factor means of learning, school environment and psychological fakor (talents, interests, intelligence, motivation) owned by students.
1722011KI57 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain