Skripsi
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pembelajaran Terpadu (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Taman Tahun Pelajaran 2010-2011)
Indonesia :
SRI HARTATI..2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pembelajaran Terpadu (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Taman Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dra.Tity Kusrina, M.Pd. Drs.Subiyanto, M.Pd. . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Pembelajaran Terpadu, Prestasi Belajar.
Karakeristik penelitian tindakan kelas, yaitu berupa tindakan atau aksi tertentu yang berguna untuk memperbaiki proses pembelajaran. Secara praktis pembelajaran terpadu yang dilakukan oleh guru terhadap siswa tidak hanya memperbaiki proses pembelajaran namun lebih berorientasi pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII (SMP) Negeri 2 Taman Tahun Pelajaran 2010-2011.
Rumusan masalah penelitian ini 'Apakah pelaksanaan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Taman Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Taman Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. teknik pengumnpulan data yang berupa angket, tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan Kedaulatan dan Sistem Pemerintahan Indoensia menggunakan model pembelajaran Terpadu dikelas VIII F SMP Negeri 2 Taman Pemalang terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa, ketuntasan belajar dan prestasi siswa.
Pada siklus I terdapat 28 siswa tuntas (71,79% ) dan siklus II 34 siswa tuntas (87,18%) sedangkan siklus III terdapat 38 siswa tuntas ( 97,44%) Hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 62,56 sebelum perbaikan dan menjadi cukup baik dengan nilai rata-rata 73,71 pada siklus I, pada siklus II dan menjadi lebih baik lagi dengart nilai rata-rata 78,56 sedangkan pada siklus III meningkat 84,78.
Guru dalam pembelajaran PKn, diharapkan memberikan motivasi belajar kepada siswa, menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, dan menciptakan pembelajaran yang efektif sehingga memacu siswa untuk berprestasi.
English :
SRI HARTATI .. 2011. Efforts to Improve Achievement Civic Education Study Subjects with Integrated Learning (Classroom Action Research In Class VIII Semester 1 Secondary School (SMP) Country 2 Park Academic Year 2010-2011. Thesis. Pancasila and Citizenship Education. Dra.Tity Kusrina, M. Pd. Drs.Subiyanto, M.Pd.. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal
Keywords: Integrated Learning, Learning Achievement.
Haracteristics od domesti classroom action research, namely in the form of action or specific action that is useful to improve the learning process. In practical integrated learning undertaken by teachers to the students not only improve the learning process but is more oriented on improving student learning outcomes, particularly on the Citizenship Education subjects in class VIII (SMP) Country 2 Park Academic Year 2010-2011.
This research problem formulation 'Did the implementation of integrated learning can improve learning achievement Subject Citizenship Education class VIII Semester 1 Secondary School (SMP) Country 2 Park Academic Year 2010-2011?. The purpose of this study to determine whether the implementation of integrated learning can improve learning achievement Subject Citizenship Education class VIII Semester 1 Secondary School (SMP) Country 2 Park Academic Year 2010-2011.
Classroom action research (PTK) carried out 3 cycles. Each cycle consists of planning, observation, action and reflection. pengumnpulan engineering data in the form of questionnaires, tests and observation.
The results showed that, improvement of learning on the subjects of Citizenship Education subject premises Sovereignty and Governance System using the Integrated teaching models in class VIII F SMP Negeri 2 Park Pemalang proven to improve students' understanding, mastery learning and student achievement.
In the first cycle there are 28 students completed (71.79%) and 34 students completed the second cycle (87.18%) while the third cycle there are 38 students completed (97.44%) The results of student learning has increased from an average value of 62.56 prior to repair and became quite good with an average rating of 73.71 in the first cycle, on the second cycle and get better again dengart value of 78.56 whereas the average increase in cycle III 84.78.
Civic Education Teacher in learning, is expected to provide motivation to students, using visual aids or instructional media, and creating effective learning, so encourage students to excel.
1722011KI58 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain