Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Resitasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011)
Indonesia :
DEWI HARTATI.2011. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Metode Resitasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011).Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Drs.Nurcholis, M.Pd., Muhaimin Sadirun, SH.MH, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Prestasi belajar, dan metode Resitasi.
Rumusan Masalah Apakah metode Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah metode Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa.
Lokasi penelitian SMP Negeri 2 Petarukan Tahun Pelajaran 2010-2011. Penentuan subyek yang diteliti siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011. Faktor-faktor yang diteliti meliputi hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.Instrumen penelitain yang digunakan antara lain rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Tes tertulis, yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa atau prestasi belajar. Tes dilakukan setelah proses pembelajaran pada setiap siklus. Lembar observasi, merupakan instrumen pengumpulan data yang menggunakan pengamatan terhadap obyek penelitian. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran di kelas VIII D SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Resitasi pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan, dengan menggunakan bagan peta konsep untuk mempermudah siswa memahami materi.
Pada siklus I nilai rata-rata siswa kelas VIII D dengan jumlah (responden) 41, menggunakan metode Resitasi, adalah 66,95. Ketuntasan belajar secara klasikal adalah 78,05 %. Nilai tertinggi = 85. Adapun nilai terrendah = 40. Nilai rata-rata sebesar 62.80 merupakan jumlah skore total 2575 dibagi 41 siswa (2775/41=62,80). Ketuntasan belajar sebelum tindakan = 58.54% artinya dari jumlah siswa sebanyak 41, berkriteria tuntas 24 siswa (24/41 x 100% = 58,54%). Siklus I,. ketuntasan belajar = 78.05% artinya adalah dari jumlah siswa sebanyak 41, berkriteria tuntas 31 siswa (31/41 x 100% = 78,05%). Nilai rata-rata pada siklus I diperoleh dari skore total dibagi jumlah siswa atau 2745/41 = 66,95. Pada siklus II nilai rata-rata siswa kelas VIII D= 73,38. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,80%. Nilai tertinggi adalah 90, nilai terrendah = 50. Nilai rata-rata = 73.78 merupakan jumlah skore total 3025 dibagi 41 siswa (2775/41=62,80). Ketuntasan belajar Siklus II =87.80% artinya dari 41, berkriteria tuntas 36 siswa (36/41 x 100% = 87,80%).
English :
DEWI HARTATI.2011.The Improving Learning Achievement Civic Education with The Recitation (Action Research On Student Class VIII Semester 1 Junior School Country 2 Petarukan Academic Year 2010-2011). Pancasila Education and Civic Education. Drs. Nurcholis, M.Pd., Muhaimin Sadirun, SH.MH, Thesis Faculty of Teacher Training and Education University Pancasakti Tegal.
Keywords: learning achievement, and methods of recitation.
The Problem Formulation What is the recitation method to improve learning achievement to improve learning achievement subjects Civic Education Student Class VIII Semester 1 Junior School Country 2 Petarukan Academic Year 2010-2011?. Goals to be achieved in this research is to find out Are recitation methods to improve learning achievement to improve learning achievement subjects Civic Education students.
Research location at Junior Schools Country 2 Petarukan Year 2010-2011. Determination of the studied subjects students Class VIII D Semester 1 Junior Schools Country 2 Petarukan, Pemalang Academic Year 2010-2011. Factors examined include student learning outcomes and student activities in following the process used study. Instrument research include lesson plans, student activity sheet and observation sheet written student. Examined learning activities, which are used to obtain data on student learning outcomes or achievements learning. Tests performed after the learning process in every cycle. Observation sheet, a data collection instrument that uses observations of the object of research. Observation sheet is used to determine students' activity during learning in class VIII D Junior School Country 2 Petarukan Pemalang Academic Year 2010-2011.
The implementation of learning by recitation method in subjects Civics class VIII D Junior School Country 2 Petarukan, Pemalang Academic Year 2010/2011 to enhance student learning outcomes, especially on the subject of the Implementation of Democracy in Various Aspects of Life, using the chart concept maps to facilitate the students understand the material.
In the first cycle the average value of Class VIII D with the number of (respondents) 41, using the method of recitation, is 66.95. In classical learning completeness is 78.05%. Highest score is 85. The lowest value = 40. The average value of 62.80 is the sum total score of 2575 divided by 41 students (2775/41 = 62.80). Mastery learn before the measure = 58.54%, meaning that the total of 41 students, 24 students completed criterion (24/41 x 100% = 58.54%). Cycle I, Mastery learning means = 78.05% of the total of 41 students, 31 students completed criterion (31/41 x 100% = 78.05%). The average score on the first cycle obtained from the total score divided by the number of students or 2745/41 = 66.95. In cycle II, the average class VIII D = 73.38. Percentage of the classical learning completeness of 87.80%. The highest score was 90, lowest value = 50. The average score = total score of 73.78 is the amount of 3025 divided by 41 students (2775/41 = 62.80). Mastery learn Cycle II = 87.80%, mean of 41, complete criterion 36 students (36/41 x 100% = 87.80%).
1722011KI60 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain