Skripsi
Penerapan Teknik Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sragi Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
ITA KARTIKA EKAWATI. 2011. Penerapan Teknik Pembelajaran Jigsaw
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 3 Sragi Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Pendidikan
Kewarganegaraan, Drs. Wahyono, M.Hum. Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Jigsaw
Penggunaan metode yang tepat akan mengubah anggapan dan keberadaan
siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga mereka akan termotivasi dalam
belajar Pendidikan Kewarganegaraan, kemudian untuk bisa meningkatkan hasil
belajar. Metode jigsaw adalah strategi pembelajaran yang menarik untuk
digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian
dan materi tersebut tidak mengharuskan urutan dalam penyampaiannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas VIII SMP
Negeri 3 Sragi tahun pelajaran 2010/2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk
menguji hipotesis yang menyatakan bahwa: metode pembelajaran jigsaw efektif
dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Sragi tahun pelajaran 2010/2011
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada
penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: metode jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas VIII SMP
Negeri 3 Sragi tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragi
tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 160 siswa. Sample dalam penelitian
ini adalah 40 siswa kelas VIII A dan 40 siswa kelas VIII B. Teknik pengambilan
sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian ini diperoleh harga thitung = 3,325. Hasil tersebut kemudian
dibandingkan dengan nilai ttabel untuk dk (n1 + n2) - 2 = 78, taraf signifikansi 5%
diperoleh ttabel sebesar 1,980. Hasilnya thitung sebesar 3,325 lebih besar dari 1,980
atau thitung > ttabel. Hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis
penelitian yang diajukan adalah sangat signifikan atau diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar
Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragi tahun
pelajaran 2010/2011.
Saran penulis bagi peneliti lain yang berminat berkaitan dengan penelitian
ini, diharapkan dapat meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar
siswa dengan variabel penelitian yang lebih luas dan sampel yang lebih banyak.
Dengan demikian didapatkan suatu hasil penelitian yang akurat dan signifikan.
Semoga penulisan skripsi ini akan membawa manfaat bagi diri penulis khususnya
dan para pembaca umumnya.
English :
ITA KARTIKA EKAWATI. 2011. Applying of Technique Study of Jigsaw to
Increase Result of Learning Education of Civic of The Eight Year Students SMP
Negeri 3 Sragi in The Academic Year 2010/2011. Thesis. Civic Education, Drs.
Wahyono, M.Hum. Dra. Tity Kusrina, M.Pd. Teachership and Science Education
Faculty Pancasakti University of Tegal.
Password : Result of Learning, Jigsaw Method
Usage of correct method will alter ascription and existence of student in
comprehending lesson items so that they will motivat in learning Education of
Civic, then to be able to improve result learn. Jigsaw method is interesting study
strategy to be used if items to study can be divided to become some part and the
items don't oblige successive in submitting.
This formula research internal issue is do method of jigsaw can improve
result learn Education of Civic of The Eight Year Students SMP Negeri 3 Sragi in
The Academic Year 2010/2011? Objectives of this research is to test hypothesis
expressing that: method study of effective jigsaw in improving result learn
Education of Civic of The Eight Year Students SMP Negeri 3 Sragi in The
Academic Year 2010/2011.
By virtue basis for framework and theory think, hypothesis at this research
can be formulated as follows: method of jigsaw can improve result learn
Education of Civic of The Eight Year Students SMP Negeri 3 Sragi in The
Academic Year 2010/2011.
This research population is all the eight year students SMP Negeri 3 Sragi
in The Academic Year 2010/2011amounting to 160 student. Sample in this
research is 40 class student of VIII A and 40 class student of VIII B. Technique
intake of this research sampel use technique of cluster sampling random.
Technique data collecting use and documentation of tes. Technique analyse data
use t test.
Result of this research is obtained by price of thitung = 3,325. The result is
then compared to value of ttabel for the dk of (n1 + n2 - 2 = 78), level of significant
5% obtained by ttabel equal to 1,980. Its result of thitung equal to 3,325 bigger than
1,980 or thitung > ttabel. Result of the comparison indicate that research hypothesis
the raised is very significant or accepted. Thereby can be concluded that method
study of effective jigsaw in improving result learn Education of Civic of The
Eight Year Students SMP Negeri 3 Sragi in The Academic Year 2010/2011.
Writer suggestion to enthusiastic other researcher relate to this research, is
expected can check other variable which influence result learn student with
broader research variable and sample which is more. Is thereby got by a result of
accurate research and significant. Hopefully writing of this thesis will bring
benefit to writer x'self specially and readers generally.
1722011KI61 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain