Skripsi
Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Pancasila Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
Maria Isnaeni. 2011. Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Pancasila Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Sugito, S.H., Dra. Hj. Mursyidah Dwi Hartati, S.H.,M.H., Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Peranan Guru, Sikap dan Perilaku.
Rumusan masalah penelitian 'apakah ada hubungan antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan pembentukan sikap perilaku Pancasila pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan pembentukan sikap dan perilaku Pancasila pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2010/2011. Hipotesis penelitian (Ha) 'Ada hubungan yang signifikan antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan pembentukan dan sikap perilaku Pancasila pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, populasi 385 responden sampel 60 responden. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji t.
Hubungan peran guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan pembentukan sikap dan perilaku pancasila para siswa positif dan cukup kuat (cukup erat). Secara kuantitatif, dimana hasil r = 0,461 terletak pada interval 0,400 sd 0,599 (cukup kuat/erat)., Uji t=0,461, dimana N= 60 taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 0,2000 sehingga dengan demikian thitung > ttabel (0,461 > 0,2000). Karena thitung lebih besar dari nilai t tabel , maka menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan 'Ada hubungan yang signifikan antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan pembentukan sikap dan perilaku Pancasila Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 memberikan konstribusi yang positif terhadap pembentukan sikap dan perilaku Pancasila para siswa. Secara kuantitatif diperoleh dari koefisien determinasi sebesar 21,20%, sedangkan selebihnya 79,80% ditentukan oleh factor lain dari peran guru tersebut yang tidak diteliti.
English :
Maria Isnaeni. 2011. The Role of Citizenship Education Teacher Attitudes and Behavior in the Formation of Pancasila On Student Vocational School at SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year Pancasila and Citizenship Lessons 2010/2011.. Sugito, SH, Dra. Mursyidah Dwi Hartati, SH, M.H., Thesis. Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal.
Keywords: Role of Teachers, Attitudes and Behavior.
The formulation of the problem of 'whether there is a relationship between the role of Citizenship Education teacher with the formation of Pancasila behavior on student attitudes Vocational School (SMK) Negeri 1 Petarukan Academic Year 2010/2011?. The purpose of research was to determine the relationship between Citizenship Education teacher role with the formation of attitudes and behaviors in students Pancasila Vocational School (SMK) Negeri 1 Petarukan Academic Year 2010/2011. Research Hypothesis (Ha) 'There was a significant relationship between the role of Citizenship Education teacher with the formation and behavior of Pancasila in student attitudes at SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011.
This study used correlation approach, the population of 385 sample respondents 60 respondents. The Data analysis using product moment correlation and t test Citizenship Education teachers' role relationships (Civics) with the formation of attitudes and behavior of students Pancasila positive and strong enough (close enough). In quantitative terms, where the results of r = 0.461 lies in the interval 0.400 sd 0.599 (strong / tight)., T test = 0.461, where N = 60 significance level of 5% is obtained t table = 0.2000 and thus t count> t table (0.461 > 0.2000). Because t count bigger than t table value, then accept the working hypothesis (Ha) who argued: 'There is a significant correlation between the role of Citizenship Education teacher with the formation of attitudes and behaviors of Pancasila at SMK Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010 / 2011.
Role of Education teacher Citizenship (Civics) in Vocational School (SMK) Negeri 1 Petarukan Pemalang Academic Year 2010/2011 to provide a positive contribution to the formation of attitudes and behavior of students Pancasila. Quantitatively obtained from the coefficient of determination of 21.20%, while the remaining 79.80% is determined by factors other than the teacher's role had not been examined.
1722011KI63 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain