Skripsi
Korelasi Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Ulujami Tahun Pelajaran 2010-2011
Indonesia :
Waluyo. 2011. Korelasi Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII Semester 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Ulujami Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Drs. Yanuarto, S.E.M.M. SH,M.H. Drs.Subiyanto MPd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Alat peraga, Preatasi belajar.
Penggunaan alat peraga dalam proses belajar-mengajar bertujuan membantu guru agar proses belajar lebih efektif dan efisien. Alat peraga berfungsi sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar-mengajar yang bervariasi sehingga tidak membosankan.
Rumusan masalah penelitian 'apakah ada korelasi penggunaan alat peraga dengan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Tahun Pelajaran 2010-2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Tahun Pelajaran 2010-2011.
Pendekatan penelitian menggunakan korelasi product momen. Populasi berjumlah 275 siswa, sampel 74 siswa, adapun teknik sampling seara random. Pengumpulan data menggunakan angket dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment, uji t dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian penggunaan alat peraga dalam pembelajaran siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan. Secara kuantitatif diperoleh dari hail korelasi r = 0,428. Nilai ini positif dan lebih besar dari rtabel = 0,227. Karena rhitung > r tabel , maka Hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan 'Ada Korelasi yang signifikan penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Tahun Pelajaran 2010-2011, terbukti secara empiris kebenarannya. Besar pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan nilai koefisien determinasi = 18,35%, artinya variabel penggunaan alat peraga memberikan konstribusi terhadap peningkatan prestasi belajar sebesar 18,35% dan sisanya 81,65% ditentukan oleh variabel lain.
English :
Waluyo. 2011. The Correlation of Viewer Tool Against Use of Subject Learning Achievement Citizenship Education Class VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Academic Year 2010-2011. Thesis. Pancasila and Citizenship Education State. Drs. Yanuarto, S.E.M.M. SH, M.H. Drs.Subiyanto MPd Faculty of Teacher Training and Education. University Pancasakti Tegal
.
Keywords: Props, Preatasi learning.
The use of visual aids in teaching and learning process aimed at helping teachers to the learning process more effective and efficient. Props to function as a tool to achieve the teaching-learning situations vary so not boring
.
The formulation of the problem of 'whether there is correlation with the use of visual aids learning achievement in Citizenship Education Subject Class VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Academic Year 2010-2011?. The purpose of this study was to determine the correlation of the use of visual aids to learning achievement in Citizenship Education Subject class VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Academic Year 2010-2011.
Research approach using product moment correlation. The total population is 275 students, samples of 74 students, while Seara random sampling technique. Data collection using a questionnaire with validity and reliability. Data analysis using product moment correlation, t test and coefficient of determination.
The Results of research using visual aids in teaching students to Class VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami have a positive and significant relationship with increased student achievement, particularly on the subjects of Citizenship education. Quantitatively obtained from the hail of correlation r = 0.428. This value is positive and greater than rtabel = 0.227. Because rhitung> r table, then the working hypothesis (Ha) who suggested 'There is a significant correlation of the use of visual aids to learners' learning achievement in Citizenship Education Lesson Learners Class VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Ulujami Academic Year 2010-2011, proved empirical truth. Big props to influence the use of student achievement based on the value of coefficient of determination = 18.35%, meaning that the variable use of visual aids contribute to improving academic achievement of 18.35% and the remaining 81.65% is determined by other variables.
1722011KI65 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain